Jelang Hari Batik Nasional, Danar Hadi Rilis Program Bangga Berbatik Itu Asyik

Jelang Hari Batik Nasional, Danar Hadi dan Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention membuat rangkaian program bertema Bangga Berbatik Itu Asyik/Foto: Doc. Danar Hadi

ragam

Jelang Hari Batik Nasional, Danar Hadi Rilis Program Bangga Berbatik Itu Asyik

Selasa, 21 September 2021 16:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang dirayakan setiap tanggal 2 Oktober, tahun ini, Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention menyambutnya dengan berbagai kegiatan yang dijalankan selama hampir 1 bulan yang di mulai dari tanggal 9 September 2021.

Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention menjalankan rangkaian program bertemakan “Bangga Berbatik Itu Asyik ..” - yang diselenggarakan secara online dengan berkolaborasi bersama Batik Danar Hadi, sebuah perusahaan keluarga yang didirikan pada tahun 1967 oleh pasangan suami istri Alm. H. Santosa Doellah dan Hj. Danarsih Hadipriyono, di mana keduanya merupakan keturunan pengusaha batik.

Dalam kurun waktu 50 tahun, Danar Hadi telah menjadi salah satu dari tiga besar pengusaha batik di Indonesia yang berkembang oleh dorongan rasa cinta pemiliknya terhadap batik. Kedua pemilik, memadukan idealisme dengan manajemen modern sehingga Batik Danar Hadi tetap dapat menghadapi tantangan perkembangan zaman yang menjadikannya bukan hanya sekedar produsen batik melainkan menjadi solusi satu pintu untuk kebutuhan yang berkaitan dengan batik.

Hal ini diterapkan melalui Bisnis Ritel, Pesanan Khusus, Ekspor dan Pariwisata dengan mengelola pusat pelestarian budaya batik melalui sebuah museum yang terkenal dengan nama: Museum Batik Danar Hadi, yang dibuka untuk umum pada tahun 2008 di kota asal Batik Danar Hadi, Solo, Jawa Tengah.

General Manager Pullman Ciawi, Gilles Tressens mengatakan kerjasama antara Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention dan Batik Danar Hadi bertujuan sebagai apresiasi terhadap batik sebagai warisan kebudayaan nasional dari nenek moyang bangsa Indonesia.

Menurut Gilles, batik juga mengajarkan banyak pesan melalui karya seni bernilai tinggi yang menunjukkan keberagaman bangsa Indonesia melalui motifnya, oleh sebab itulah UNESCO menetapkan Batik Indonesia sebagai karya agung warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada tahun 2009.

"Tujuan kedua dari kolaborasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran, keyakinan dan kecintaan terhadap batik. Dan yang tak kalah penting, kerja sama juga disinyalir dapat menumbuhkan rasa bangga dalam melestarikan batik," ungkapnya melalui siaran pers, Selasa 21 September 2021. 

Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Pullman Ciawi bersama Danar Hadi secara online dan terbuka untuk umum adalah: Program Giveaway bertema: “Bangga Berbatik Itu Asyik .. “ yang dimulai pada tanggal 9 September 2021. Program ini akan memenangkan 2 orang dengan memberikan hadiah menginap di Pullman Ciawi dan bingkisan cantik dari Danar Hadi. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada tanggal 24 September 2021.

Kemudian ada lomba Menggambar Motif Batik yang dimulai pada tanggal 14 – 27 September 2021 dimana 2 pemenang akan dipilih berdasarkan keindahan karya dan banyaknya dukungan yang didapat dari teman dan keluarga. Pemberian dukungan dilakukan melalui Instagram. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 1 Oktober 2021.

Selain itu, akan ada juga Live Virtual Tour ke Museum Batik Danar Hadi yang akan diadakan pada tanggal 21 September 2021. Terdapat tiga hadiah menarik disediakan untuk pemirsa yang berinteraksi aktif selama virtual tour berlangsung

Mari rayakan Hari Batik Nasional bersama kami dan lestarikan batik agar tetap menjadi identitas, kebanggaan dan bagian dari budaya Bangsa Indonesia.

Baca: Hari Batik Nasional, Kisah Kain Batik Garuda Nusantara Sepanjang 74 Meter