Bingung Mau Mengakhiri Hubungan Tanpa Drama? Cek 8 Tips Berikut Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi putus cinta. Shutterstock.com

Ilustrasi putus cinta. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Mengakhiri hubungan dengan sahabat atau pasangan seringkali cenderung lebih menyakitkan. Biasanya hal ini akan datang dengan adanya kepicikan, emosi yang menggebu-gebu dan berbagai drama lainnya. Hal ini mungkin dapat mengganggu, dan bahkan kamu bisa saja mengakhirinya dengan drama.

Namun tidak berarti bahwa kamu tidak bisa mengakhiri hubungan dengan pasangan atau sahabat dengan cara yang lebih baik dan elegan. Dilansir dari Bolde, berikut beberapa cara untuk mengakhiri hubungan tanpa adanya drama yang bisa kamu lakukan.

1. Jangan bertemu mereka dalam beberapa waktu

Mengakhiri hubungan adalah masalah yang cukup besar. Kebanyak orang sangat terluka jika mendengar bahwa Anda tidak ingin menjadi pasangan atau temannya lagi.

Ambilah waktu dan lihatlah apakah dengan berpisah dalam beberapa waktu dapat membantu kamu melihat dalam berbagai perpektif. Jika kamu hidup jauh lebih baik tanpa mereka dan kehilangannya tidak mengganggumu, maka dapat menjadi hal yang baik untuk mengakhiri persahabatan.

2. Atur waktu untuk bertemu secara langsung

Dalam kebanyakan kasus, lebih baik mengakhiri hubungan secara langsung dibandingkan mengakhiri melalui media sosial. Pastikan kamu mencari mengatur waktu yang tepat dan mencari tempat yang netral. Hal ini akan lebih baik dibandingkan mengakhiri hubungan melalui teks sederhana.

3. Jelaskan perasaan Anda dengan baik

Setelah kami bertemu, jelaskan perasaanmu dengan perasaan yang baik. Janganlah menjelaskan suatu masalah seperti menyerang dirinya. Beritahu perilaku apa yang dapat menggangu dengan cara yang baik.

4. Biarkan mereka tahu apa yang kamu ingin lakukan

Selanjutnya, beri tahu mereka apa yang ingin kamu lakukan. Kamu dapat memberi mereka kesempatan untuk memperbaiki perilaku mereka atau memilih untuk mengakhiri hubungan sama sekali. Sulit untuk mengakui hal ini kepada temanmu, tapi lebih baik jika kedua pihak saling jelas dan mengetahui kondisi masing-masing.

5. Jangan bermusuhan

Drama biasanya terjadi ketika orang menjadi bermusuhan. Tidak peduli seberapa marah atau terlukanya kamu, cobalah untuk tetap tenang. Hal ini dapat membantu untuk mengingat bagian baik dari hubunganmu. Namun jika keadaan semakin memanas, lebih baik kamu pergi dengan tenang.

6. Jangan libatkan orang lain

Drama juga lebih mungkin terjadi ketika banyak orang terlibat. Jika bisa, usahakan untuk menjaga putusnya hubungan di antara kalian berdua. Tidak apa-apa jika kamu curhat dengan orang-orang yang peduli denganmu, tapi jangan terlalu mendetail.

7. Pasang batasan

Penting untuk menetapkan dan mempertahankan batasan di akhir hubungan. Jika kamu tidak menetapkan batasan, maka akan semakin sulit untuk melanjutkan dan drama lain dapat bermunculan.

8. Perlahan menghilang

Pilihan lain yang bisa kamu ambil untuk mengakhiri hubungan adalah perlahan menghilang. Di sini kamu bisa benar-benar tumbuh terpisah dan menjauh satu sama lain. Ketika ini terjadi, maka kamu tidak perlu berusaha keras untuk mengakhiri persahabatan, karena hubungan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Baca: Punya Pasangan Materialistis? Supaya Tidak Rugi Begini 5 Cara Menghadapinya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."