Dian Sastro Tampil Etnik dan Chic dengan Kain Batik Bergaya Draperi

Dian Sastro mengajak pengikutnya untuk pakai kain gembira/Foto: Instagram/Dian sastro

mode

Dian Sastro Tampil Etnik dan Chic dengan Kain Batik Bergaya Draperi

Kamis, 2 September 2021 09:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Keindahan aneka kain tradisional atau wastra Nusantara tak ada habisnya untuk dieksplorasi dan dikenakan. Salah satu selebritis yang sedang gandrung mengenakan kain batik ialah Dian sastro.

Kesenangan itu pertama kali ia ungkapkan di akun instagramnya 26 Agustus 2021. Saat itu Dian Sastro mengenakan atasan putih asimetris lengan sampai siku, sementara bawahannya ia mengenakan kain batik dengan dasar warna cream.

"Udah hampir 2 tahun nggak pakai kain karena nggak ada acara. Di rumah aja, pakai kain," tulisnya dalam keterangan foto.

Lalu dalam unggahan foto selanjutnya pada 31 Agustus 2021 ia kembali mengunggah penampilannya dengan kain. Saat itu pemeran film Guru-guru Gokil ini mengenakan atasan kemeja putih dari One Fine Sky dengan pairing kain batik. Tak lupa Dian Sastro juga melengkapinya dengan aksesori kalung bertumpuk dari Sula Studio, dan sepatu hitam bertali dari Malone Souliers.

"Diajakin sama temen-temen @remajanusantara_ untuk pake @kaingembira untuk pakaian sehari-hari. Seru juga. Yuk pake wastra nusantara, I challenge you guys!!," tulis Dian menantang para followers-nya.

Tidak hanya sendiri, Dian Sastro juga mengajak Iwet Ramadhan dan Reina Wardhana untuk turut serta berkain gembira.

Dian Sastro mengajak pengikutnya untuk pakai kain gembira/Foto: Instagram/Dian sastro

Dian tak lagi menjadikan kain batik sebagai rok, tetapi long dress tanpa lengan dengan atasan kemeja putih lengan panjang. Kain batik Tiga Negeri dari Awesome Lasem yang ia kenakan dilipit dan diikat di bagian atas. Agar tampak rapat Dian melilitkan ikat pinggang warna hitam.

"Mengajak @iwetramadhan dan @reinawardhana #berkaingembira #remajanusantara #adoegajatoean #adoegajanjonja bagaimana dengan Bung dan Jeng?," tulis Dian di laman instagramnya, Rabu 1 September 2021.

Merujuk pada artikel Cantika, seperti yang dikatakan oleh Pendiri JagaWastra Neneng Rahardja kerap mengimbau masyarakat agar mengenakan kain wastra untuk baju adat secara utuh.

"Maksud saya ialah tanpa digunting atau dijahit. Otomatis tidak ada bahan sisa yang terbuang dari kain tersebut," ucap Neneng saat ditemui di acara Bangga Pakai Busana Nusantara di Jakarta, Senin 16 Desember 2019.

Cara menyiasati kain tanpa jahit dan gunting ialah dengan teknik draperi atau layering. Selembar kain bisa dipakai model teknik ikat dan gulung sesuai dengan bentuk tubuh. "Terkadang ada yang ragu pakai kain karena menganggap berat dan tebal, padahal bisa disiasati dengan teknik draperi," imbuh ia.

Selain teknik draperi, Neneng juga biasa memakai kain yang bisa diubah menjadi sarung. Pertama diukur dulu sesuai dengan bentuk tubuh, lalu dilipat dan diikat menggunakan belt atau ikat pinggang kain supaya kencang.

Bagaimana, kamu mau mencoba berkain seperti Dian Sastro dan teman-teman Kain Gembira?

Baca: Buku Pilihan Dian Sastro Saat PPKM, Haruki Murakami dan Goenawan Mohamad