Buku Pilihan Dian Sastro Saat PPKM, Haruki Murakami dan Goenawan Mohamad

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Dian Sastrowardoyo. Instagram/@therealdisastr

Dian Sastrowardoyo. Instagram/@therealdisastr

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kapan terakhir kali kamu membaca buku, atau artikel majalah yang penting? Apakah kebiasaan membaca harian kamu sudah berpusat di media sosial?

Salah satu selebritis yang masih membiasakan membaca buku salah satunya ialah Dian Sastro. Dalam unggahannya di laman instagram, Selasa 24 Agustus 2021, ibu dua anak ini memposting foto sejumlah buku yang sedang dibaca, khususnya selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

"My messy study. Di antara vitamin, botol minum air putih, dan sejumlah bacaan yang perlu di'kunyah' selama ppkm," tulis Dian Sastro.

Tampak dalam foto buku yang dilalap oleh Dian mulai dari Nine Stories karangan J.D Salinger, Monson Tiger and Other Stories karya Rain Chusori, Killing Commendatore karya Haruki Murakami, Arus Balik (tettralogi Pramoedya Ananta Toer) serta Rupa, Kata, Objek, dan yang Grotesk karya Goenawan Mohamad.

Membaca tak hanya mengisi waktu, tapi memiliki sejumlah manfaat khususnya bagi kesehatan. Berikut empat manfaat membaca buku seperti yang dilansir dari laman Life Hack, Selasa 24 Agustus 2021.

1. Stimulasi mental

Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan membaca maka Anda tetap terstimulasi secara mental dan dapat memperlambat (atau bahkan mungkin mencegah) Alzheimer dan Demensia, karena menjaga otak Anda tetap aktif dan aktif mencegahnya kehilangan daya.

Sama seperti otot lain di tubuh, otak membutuhkan latihan untuk menjaganya tetap kuat dan sehat, jadi ungkapan "gunakan atau hilangkan" sangat tepat untuk Anda pikirkan. Melakukan teka-teki dan bermain game seperti catur juga terbukti membantu stimulasi kognitif.

2. Mengurangi stres

Tidak peduli berapa banyak stres yang Anda miliki baik urusan pekerjaan atau dalam hubungan pribadi Anda, dan banyak masalah lain yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, semuanya hilang begitu saja ketika Anda membaca sebuah cerita yang hebat.

Novel yang ditulis dengan baik dapat membawa Anda ke alam lain, sementara artikel yang menarik akan mengalihkan perhatian Anda dan membuat Anda tetap rileks pada saat ini, lalu membiarkan ketegangan mereda dan memungkinkan Anda untuk bersantai.

3. Perluasan Kosakata

Semakin banyak Anda membaca, semakin banyak kata yang Anda dapatkan, dan kata-kata itu pasti akan masuk ke dalam kosa kata Anda sehari-hari. Menjadi terampil berbicara sangat membantu dalam profesi apa pun, dan mengetahui bahwa Anda dapat berbicara dengan atasan dengan percaya diri dapat menjadi dorongan besar bagi harga diri Anda.

Manfaat ini bahkan dapat membantu karier Anda, karena mereka yang banyak membaca, berbicara dengan baik, dan berpengetahuan luas tentang berbagai topik cenderung mendapatkan promosi lebih cepat (dan lebih sering) daripada mereka yang kosakata lebih kecil dan kurangnya kesadaran sastra, terobosan ilmiah, dan pengetahuan umum,

4. Meningkatan memori

Ketika Anda membaca buku, Anda harus mengingat bermacam-macam karakter, latar belakang, ambisi, sejarah, serta berbagai alur dan sub-plot yang merajut jalan mereka melalui setiap cerita. Itu cukup untuk diingat, tetapi otak adalah hal yang luar biasa dan dapat mengingat hal-hal ini dengan relatif mudah.

Cukup mengagumkan, setiap memori baru yang Anda buat menempa sinapsis baru (jalur otak) dan memperkuat yang sudah ada, yang bisa membantu Anda dalam mengingat memori jangka pendek serta menstabilkan suasana hati.

Baca: 5 Alasan Orang Tua Harus Membaca Bersama Anak

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."