Bicara Tentang Afghanistan, Angelina Jolie: Saya Tetap Bersama Mereka

Aktris Angelina Jolie menyampaikan pidato saat mengunjungi kamp pengungsian Rohingya di Cox's Bazar, Bangladesh, 5 Februari 2019. Sebelumnya, Jolie pernah mengunjungi kamp pengungsian Rohingya di Myanmar pada 2015 dan di India pada 2006. REUTERS

ragam

Bicara Tentang Afghanistan, Angelina Jolie: Saya Tetap Bersama Mereka

Sabtu, 28 Agustus 2021 16:10 WIB
Reporter : Terjemahan Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, JakartaAngelina Jolie berbagi tujuan yang sama dalam mendorong kesetaraan di Afghanistan sebagai bagian dari pekerjaan huminatariannya

Sekarang, ketika banyak warga Afghanistan mencari perlindungan dari Taliban setelah penarikan pasukan AS, Angelina berbicara tentang kekacauan dan apa yang dapat dilakukan oleh masyarakat internasional.

Aktris pemenang Oscar ini, pekan lalu telah bergabung dengan Instagram di mana ia mendedikasikan unggahan pertamanya untuk berbagi surat yang dikirim kepadanya dari seorang gadis remaja di Afghanistan.

"Saat ini, orang-orang Afghanistan kehilangan kemampuan mereka untuk berkomunikasi di media sosial dan mengekspresikan diri mereka secara bebas," tulis Jolie. "Jadi saya datang di Instagram untuk berbagi cerita dan suara mereka di seluruh dunia yang berjuang untuk hak asasi manusia mereka."

Melansir laman People, Sabtu 28 Agustus 2021, Angelina Jolie yang juga sebagai utusan khusus untuk Badan Pengungsi PBB mengatakan ketika Taliban terakhir memerintah Afghanistan, mereka mengurung perempuan di rumah mereka, melarang mereka pergi ke sekolah dan membungkam suara mereka.

"Kami tidak tahu apakah Taliban telah berubah, tetapi dunia telah berubah," kata Jolie.

Angelina mengatakan jika orang-orang di luar lokasi konflik memiliki alat dan teknologi baru yang bisa terhubung secara global dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

"Kami memiliki kesempatan untuk tetap bersama orang-orang Afghanistan yang berjuang untuk tetap berharap dan putus asa untuk menghindari tingkat baru kekerasan dan penganiayaan di negara mereka," ujarnya.

Perempuan 46 tahun ini mengungkapkan pihaknya dapat terus memberi informasi dan melacak apa yang terjadi pada para pembela hak asasi manusia Afghanistan, untuk mempersulit penyembunyian pelanggaran.

"Kami dapat mendukung organisasi kemanusiaan yang bekerja di sana. Dan kami dapat bertanya kepada warga Afghanistan tentang dukungan apa yang mereka butuhkan dan membantu mereka mendapatkan pesan keluar."

Sebagai informasi, di bio Instagramnya, Angelina Jolie menuliskan keterangan dirinya yang merupakan seorang ibu, sutradara, dan utusan khusus PBB untuk pengungsi. Khusus postingan pertama, Angelina Jolie langsung memberikan penghormatan kepada para perempuan Afghanistan.

Baca: Dukungan untuk Perempuan Afghanistan, Angelina Jolie: Saya Tidak Akan Berpaling