Sandiaga Uno Pamer Sarapan Rendang Buatan Istri, Netizen Fokus ke Kerupuk

Istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Nur Asia Uno yang kerap tampil fashionable menjadi sorotan banyak netizen di sosial media. Foto/Instagram

kuliner

Sandiaga Uno Pamer Sarapan Rendang Buatan Istri, Netizen Fokus ke Kerupuk

Minggu, 22 Agustus 2021 17:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memamerkan sarapan paginya. Mengenakan kaus bertuliskan Mandalika, #DiIndonesiaAja, Sandiaga Uno bertanya kepada sang istri Nur Asia Uno. " Apa yang kita makan mpok Nur?" katanya melalui unggahan di Instagram pada 22 Agustus 2021.

Video singkat itu menggunakan latar musik lagu daerah Sumatra Barat berjudul Kambanglah Bungo, yang dinyanyikan dengan suling. Dalam video itu, terlihat Sandiaga Uno dan Nur Asia Uno berada di meja makan. Terdapat beberapa pilihan lauk yang tersedia untuk santapan mereka. Ada ayam, tahu, tempe, serta lalapan seperti labu, selada, wortel rebus dan tentu saja rendang. "Rendang dong bang, spesialnya," kata Nur Asia Uno.

Sandiaga pun langsung mengambil mangkuk berisi rendang. Menurutnya, makanan khas Sumatra Barat itu akan segera didaftarkan ke UNESCO sebagai salah satu warisan dunia dari Indonesia. Sandiaga Uno pun bertanya beberapa hal kepada sang istri, seperti bila makan rendang, yang dia tahu tidak boleh dicampur lauk lain.

Selain itu, Sandiaga Uno pun bertanya makan rendang sebaiknya menggunakan nasi merah atau nasi putih. Terakhir ia pun tanya siapa yang memasaknya. "Ini masak sendiri?" tanya Sandiaga Uno penasaran.

Nur Asia mengatakan memang sebaiknya saat makan rendang tidak usah dicampur dengan lauk lain agar rasanya tidak tercampur aduk. Lalu Nur Asia menjelaskan dengan sabar terserah saja, apakah mau makan dengan nasi merah atau putih. "(Pakai) Nasi putih. Tapi yang seneng nasi merah juga nggak apa-apa," katanya.

Nur Asia pun menegaskan bahwa itu masakannya sendiri. "Iya, sendiri. Dibantuin mba Ida sedikit," katanya.

Sandiaga Uno mempersilakan Nur Asia untuk mengambil rendang terlebih dahulu.

Terdapat beberapa gelas di samping piring Sandiaga Uno. Gelas terdekat dengan piring terdapat infused waterm alias air putih dengan irisan lemon serta air berisi teh. Sandiaga Uno pun menuangkan sedikit nasi putih di piringnya.

Sesaat sebelum makan dengan menggunakan tangan, Nur Asia mengingatkan Sandiaga Uno untuk berdoa terlebih dahulu. Sandiaga Uno pun mencicipi rendang berwarna hitam itu. "MMM, enak," katanya.

"Randang untuk sarapan? Mengapa tidak. Rasa masakan Mama @nurasiauno "lamak bana", badabest deh, bukan tambuah ciek lagi, tapi tambuah duo, tigo..Masakan khas minang memang juara, siap me’rendang’kan dunia, membuka LAPANGAN KERJA untuk pelaku ekonomi kreatif kita! Yuk kita terus dukung supaya menjadi warisan budaya dunia," tulis Sandiaga Uno dalam keterangan videonya.

Netizen sepertinya dibuat ngiler dengan hidangan rendang yang disantap Sandiaga Uno. Namun ternyata banyak pula yang salah fokus dengan berbagai macam kerupuk yang ada di meja makan. "Kerupuknya komplit bener bang," kata akun @erry_khu.

Meang terdapat 5 toples kerupuk yang ada di meja makan Sandiaga Uno dan Nur Asia Uno. Dua di antaranya adalah kerupuk udang, dan satu lagi kerupuk putih yang sering digunakan saat pertandingan lomba makan kerupuk. Wah, 3 kerupuk lainnya itu rasa apa ya?

Baca: Ulang Tahun Pernikahan ke-25, Nur Asia Uno: Sebuah Perjalanan yang Membahagiakan