Malam Bainai, Lesti Kejora Kenakan Busana Adat Minang Nuansa Ungu

Lesti Kejora mengenakan adat Sumatra Barat dalam acara Malam Bainai/Foto: Instagram/Bride Story

mode

Malam Bainai, Lesti Kejora Kenakan Busana Adat Minang Nuansa Ungu

Selasa, 17 Agustus 2021 10:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Hari pernikahan yang dinantikan Lesti Kejora dan Rizky Billar tinggal hitungan jam. Sebelumnya Lesti Kejora sudah menggelar pengajian sebelum pernikahan dan prosesi malam bainai.

Dalam momen sakral pengajian yang mengharukan dan dihadiri oleh keluarga dekat, Lesti tampak anggun dengan balutan kebaya nuansa ungu rancangan desainer Ayu Dyah handari.

Foto Lesty diunggah melalui laman instagram Bride Story. "Momen @lestykejora bersiap melaksanakan acara pengajian sebelum pernikahan siang tadi Anggun sekali, ya, sang biduan bersuara emas ini dalam nuansa serba ungu," tulisnya.

Sementara itu malam bainai yang merupakan adat Minang, asal Rizky Billar juga sudah selesai digelar penuh haru dan hikmat.

Melansir laman Bride Story, Bainai secara harafiah berarti memakaikan inai, yaitu tumbuhan yang biasa digunakan untuk memerahkan kuku, namun tradisi Malam Bainai bagi calon pengantin Minang tentu lebih dari itu. Malam Bainai merupakan malam terakhir calon pengantin perempuan sebagai seorang gadis lajang, maka dapat dikatakan bahwa Malam Bainai merupakan versi Minang dari sebuah pesta lajang.

Pada awalnya, Bainai dipercayai sebagai suatu cara untuk menghindari malapetaka bagi calon pengantin. Walaupun kepercayaan ini sudah tidak populer, Malam Bainai masih dijalankan sebagai tradisi pernikahan khas Minangkabau. Pada malam ini, sang calon pengantin perempuan, yang disebut dengan anak daro wajib mengenakan busana tradisional khas Minang.

Perempuan kelahiran 5 Agustus 1999 ini tampak beda dengan balutan busana warna ungu dan nuansa keemasan di bagian selendang rancangan desainer Ayu Dyah Andari. Nuansa Minang begitu kental di bagian aksesori yang juga bertema emas.

Riasan Lesti kali ini juga berbeda dengan saat momen pengajian. lebih bold di bagian mata dan warna lipstik yang lebih menyala, MUA Risky Makeup memberikan sentuhan merah coral.

Acara Malam Bainai ini dihadiri oleh seluruh keluarga Lesti Kejora. Mereka memberikan restu serta doa sebagai simbol kerelaan melepaskan pengantin wanita. Informasi tambahan, Lesti Kejora dan Rizky Billar akan menggelar pernikahan pada 19 Agustus 2021 di Hotel Intercontinental Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Baca: Pengajian Pernikahan, Lesti Kejora Anggun Berkebaya Ungu dengan Aksen Embroidery