Cara Menyimpan Gel Lidah Buaya Agar Tahan Lama

Gel lidah buaya (Pixabay.com)

ragam

Cara Menyimpan Gel Lidah Buaya Agar Tahan Lama

Senin, 9 Agustus 2021 13:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaGel lidah buaya berkhasiat membantu mengatasi kulit terbakar sinar matahari, kulit atau rambut kering, hingga bintik hitam di wajah. Selain itu, jus lidah buaya kerap disebut minuman superstar untuk meredakan masalah pencernaan seperti mulas.

Tidak diragukan lagi, lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sekaligus kecantikan. Untuk merasakan manfaat itu, penting untuk memperhatikan cara penyimpanan gel lidah buaya agar tahan lama. Seperti yang Anda ketahui, gel lidah buaya bisa dibeli di toko ataupun diperoleh dari tanaman lidah buaya yang ditanam di rumah Anda.

Jika Anda membeli gel lidah buaya dari toko dan sudah dalam kemasan botol, Anda bisa menyimpannya selama beberapa waktu.

"Gel lidah buaya yang dibeli di toko biasanya tidak akan rusak, meskipun sedikit melampaui tanggal kedaluwarsa, jika disimpan dengan benar," kata Erin James, ahli gizi olahraga bersertifikat dan pendiri SQUAY Wellness, dikutip dari laman Well + Good, Ahad, 8 Agustus 2021.

Ia menyarankan untuk menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering, serta jauh dari sinar matahari. Anda juga bisa menyimpannya dalam wadah tertutup rapat dan kedap udara untuk menghindari masuknya uap air. Tips lainnya adalah memeriksa detail penyimpanan dan tanggal kedaluwarsa. "Dengan menggunakan metode ini, itu bisa bertahan selama dua hingga tiga tahun," katanya.

Kiat pro lainnya? "Jika rumah Anda menjadi sangat panas selama musim panas dan dipenuhi sinar matahari, pertimbangkan untuk menyimpannya di lemari es," ujar James.

Baca juga: Lidah Buaya dan Segudang Manfaatnya untuk Kulit

Lantas, bagaimana menyimpan gel lidah buaya segar yang didapatkan dari halaman rumah? Untuk hasil terbaik, cobalah untuk hanya memotong daun lidah buaya sebanyak yang Anda butuhkan dan segera gunakan gelnya. Sebab lidah buaya segar  mudah rusak.

Jika hal itu tak bisa dihindari, James mengatakan cara terbaik untuk menjaga agar gel lidah buaya tetap segar adalah dengan menyimpannya di kulkas. Lidah buaya paling sensitif terhadap cahaya, panas, dan suhu — jadi simpanlah di tempat yang kering, jauh dari panas, dan juga pastikan tidak ada uap air yang masuk ke dalam wadah.

Selain cara penyimpanannya, pahami pula ciri-cirilidah buaya yang sudah rusak."Bau busuk adalah tanda pertama bahwa gel Anda telah hilang, terutama jika Anda membuatnya sendiri," kata James. Cara lain untuk mengetahui gel idah buaya kedaluwarsa adalah jika tidak melembapkan sesuai fungsinya.