Kerja Bagai Kuda Tapi Tidak Jadi Kaya? Intip Tips Keuangan Ini

Ilustrasi perencanaan keuangan (pixabay.com)

ragam

Kerja Bagai Kuda Tapi Tidak Jadi Kaya? Intip Tips Keuangan Ini

Jumat, 6 Agustus 2021 19:56 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Dikenal aktif membagikan informasi seputar keuangan, perencana keuangan Felicia Putri Tjiasaka membagikan tips dan cara efektifnya untuk mengatur finansial. Menurutnya, permasalahan yang kerap dihadapi anak muda jaman sekarang adalah sulitnya menyisihkan dana untuk menabung.

Dalam kegiatan Financial Fitness Classes yang diadakan pada Kamis, 5 Agustus 2021 dengan tema 'Kerja Bagai Kuda Tapi Tak Kunjung Kaya', Felicia mengungkapkan bahwa menabung menjadi hal yang biasanya sulit dilakukan terutama oleh seseorang yang telah memiliki pendapatan tinggi. “Sama sih kayak investasi, cara nabung itu nggak ada yang paling baik ya. Nggak ada cara yang paling benar ya, kalau menurut aku sih,” kata wanita yang biasa disebut Feli ini.

Feli menjelaskan, pada umumnya terdapat 3 tipe orang menabung yaitu tipe save20, tipe tabungan autodebet, dan Kakeibo. Tipe save20 adalah salah satu gerakan menabung dengan nominal yang sangat terjangkau, mulai sebesar Rp 20 ribu setiap hari. Tabungan autodebet artinya, adalah menabung dengan melakukan penarikan langsung dari rekening. Tipe Kakeibo ada sebuah metode pengaturan keuangan yang cukup terkenal dan banyak dilakukan para ibu rumah tangga di Jepang, yang artinya buku besar atau catatan keuangan rumah tangga. Metode ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1904 oleh seorang jurnalis bernama Makoto Hani. Di tahun 2017, metode ini kembali dipopulerkan melalui sebuah buku yang ditulis oleh Fumiko Chiba berjudul Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money..

Menurut Feli, sebenarnya hanya ada dua hal penting yang dia perhatikan setiap bulannya dalam mengatur keuangan yaitu tabungan bank yang besarnya sesuai dengan dana darurat dan melakukan investasi. “Aku setiap bulan tuh cuma perhatikan dua angka, satu adalah tabungan bank untuk dana darurat. Kedua adalah sekitar 70 persen aku investasikan,” lanjut Feli.

Selain memperhatikan dua hal itu, dia menjelaskan bahwa hemat bukanlah sebuah solusi mengatur keuangan. Justru menurutnya, meningkatkan pendapatan jauh lebih baik daripada berhemat. “Lebih penting dari itu tuh, naikin income,” kata Feli.

Feli menilai bahwa pengeluaran untuk kehidupan sehari-hari sebenarnya tidak perlu mahal. "Untuk (biaya) hidup secukupnya saja. Yang penting ga lebay, tapi jangan hemat-hemat juga. Terus naikin income biar bisa nabung lebih banyak,“ tuturnya.

Selain itu, terdapat satu hal penting yang juga tidak boleh dilewatkan oleh seseorang yaitu self-reward. Feli menjelaskan bahwa self-reward memang dibutuhkan, tetapi hanya pada saat tertentu seperti saat mendapat bonus. “Sisihkan 10 persen dari gaji untuk self-reward ini,” kata Feli

Siap mengatur keuangan Anda?

Baca: Keuangan Zodiak Ini Sedang Beruntung, Ada Taurus dan Pisces

FAHIRA NOVANRA