Berat Badan Naik Selama Pandemi? Berikut Tips Cara Menjaga Berat Badan Ideal

Ilustrasi menimbang berat badan. Shutterstock

kesehatan

Berat Badan Naik Selama Pandemi? Berikut Tips Cara Menjaga Berat Badan Ideal

Kamis, 5 Agustus 2021 20:22 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Masyarakat dihimbau untuk tetap berada di dalam rumah guna meminimalisir penularan virus mematikan itu sejak 2020. Pemerintah pun telah menetapkan berbagai peraturan yang meminta masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah selama pandemi, seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Seruan untuk terus di rumah saja pun memberikan dampak lain bagi masyarakat. Salah satunya adalah peningkatan berat badan yang sangat drastis. Seperti dilansir dari laman Medicalnewstoday, sebuah penelitian menunjukkan 22 persen orang dewasa telah melaporkan kenaikan berat badan selama pandemi Covid-19.

Pernyataan ini diperkuat oleh pendapat sebagai Direktur Medis Bedah Bariatrik di Yale New Haven Health System, John Morton. "Kami pasti melihat kenaikan berat badan, Anda bisa menambah 30 pon dengan sangat cepat dan bahkan hal itu bisa terjadi dalam jangka waktu tiga bulan," kata Morton

Beberapa ahli menuturkan bahwa terdapat berbagai faktor yang menyebabkan peningkatan berat badan selama pandemi. salah satu faktor utamanya adalah stres. "(Pandemi membuat) Hidup telah terganggu secara besar besaran," ucap Artus Viana, selaku direktur klinis program kesehatan dan penurunan berat badan metabolik Yale. 

“Kita tahu bahwa penyebab obesitas adalah multifaktorial dan stres juga terlibat,” lanjut Viana.

Ketika stres, seseorang akan cenderung konsumsi lebih banyak makanan yang tentu hal ini mempengaruhi peningkatan berat badan. Namun tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa tips yang akan membentuk Anda agar dapat kembali ke berat badan ideal.

Berikut ini adalah tips untuk menjaga berat badan selama pandemi :

OlahragaMengeluarkan keringat atau berolahraga dipercaya mampu membakar lemak dan kalori sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Berbagai macam olahraga dapat dilakukan dari rumah diantaranya yoga, push up, joging.

Pola MakanMenjaga pola makan penting untuk menjaga berat badan. Makanlah makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi seperti buah buahan sayuran atau biji-bijian dan protein yang berkualitas tinggi. Dilansir dari Medicalnewstoday, seseorang yang mengonsumsi buah buahan atau makanan rumahan dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini disesuaikan dengan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017, menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan rumah memiliki resiko yang lebih kecil untuk meningkatkan berat badan daripada mengonsumsi makanan siap saji.

RutinitasMenjaga keseharian atau rutinitas harian dapat membantu Anda tetap sehat dan memiliki berat badan yang normal. Dengan melakukan penjadwalan waktu bangun tidur, makan dan berolahraga dapat menjadi pola yang baik untuk meminimalisir peningkatan lemak tubuh.

Baca: Pekan Menyusui Dunia, Ibu Jangan Ragu Beri ASI Walau Pandemi

FAHIRA NOVANRA | YALEMEDICINE | MEDICALNEWSTODAY