Viral Video Bodyshaming Atlet Nurul Akmal, Netizen Meradang

Lifter Indonesia, Nurul Akmal diduga mengalami body shaming saat tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta pada Rabu, 4 Agustus 2021. (Instagram/@noc.indonesia).

ragam

Viral Video Bodyshaming Atlet Nurul Akmal, Netizen Meradang

Kamis, 5 Agustus 2021 19:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Baru kembali ke tanah air setelah bertanding di Olimpiade Tokyo 2020, atlet angkat besi Nurul Akmal, justru mendapat hujatan. Dalam penyambutan rombongan atlet Olimpiade Tokyo di Bandara Soekarno Hatta pada Rabu 4 Agustus 2021, terekam momen bodyshaming yang dilakukan seseorang pada atlet angkatan besi tersebut.

Dari video viral di twitter yang dibagikan ulang oleh akun @beommchris dengan menandai akun @badmintontalk . Terdengar seseorang yang mencoba menyinggung berat badan Nurul. "Min ini aku salah denger atau gimana ya, ada yang nyeletuk 'yang paling kurus' pas kak Nurul lewat. Menurutku nggak lucu ada yang ngomong begitu lah," tulis akun beommchris bersamaan dengan potongan video penyambutan atlet.

Unggahan tersebut ramai diperbincangkan netizen dan telah dibagikan ulang lebih dari 900 kali. Banyak netizen yang merasa kesal dengan pelaku bodyshaming itu. Netizen lain pun merasa iba pada Nurul Akmal atas kejadian tersebut. Maklum, Nurul sudah membawa nama Indonesia di ajang olahraga terbesar dunia, Olimpiade Tokyo 2020.

Lifter Indonesia, Nurul Akmal tampil dalam angkat besi putri +87kg di Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, 2 Agustus 2021. REUTERS/Edgard Garrido

Nurul Akmal merupakan andalan Indonesia di kelas bebas. Sebelum tampil di kelas +87 kg pada Olimpiade 2020. Atlet angkat besi asal Aceh ini pun menutup perjuangan Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 dengan menempati peringkat 5 kelas +87 Kg.

Netizen pun menyayangkan bodyshaming itu. "Ya kan, aku pikir aku doang yang denger kek gini :( sumpah gak lucu banget" tulis salah satu akun dalam unggahan tersebut.

"Ih iya SUMPAAHHH KESEL BANGET DENGERNYAAAA" tulis netizen lainnya.

Fenomena bodyshaming memang masih kerap terjadi di Indonesia. Mempermalukan fisik orang lain atau bodyshaming merupakan salah satu bentuk intimidasi yang memiliki berbagai dampak buruk untuk kesehatan korban. Seseorang yang menjadi korban dari bodyshaming dapat memiliki berbagai masalah kesehatan mental seperti kurangnya rasa percaya diri, tingginya tingkat kecemasan atau insecure dan gejala depresi. Tidak hanya itu, body shaming dapat menyebabkan munculnya perasaan tidak nyaman dengan lingkungan, mengasingkan diri, hingga depresi.

Bagaimana pendapat Anda atas tindakan buruk orang kepada Nurul Akmal itu?

Baca: Intip Makna Khusus Karangan Bunga di Olimpiade Tokyo 2020

FAHIRA NOVANRA