Barbie Rilis 6 Boneka Baru untuk Rayakan Ilmuwan Perempuan, Ada Sarah Gilbert

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Barbie meluncurkan enam boneka baru untuk merayakan ilmuwan wanita. Abc.net.au

Barbie meluncurkan enam boneka baru untuk merayakan ilmuwan wanita. Abc.net.au

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pengembang vaksin virus corona Inggris Sarah Gilbert mendapatkan banyak penghargaan sains untuk pencapaiannya, tetapi sekarang ia berbagi kehormatan dengan Beyonce, Marilyn Monroe dan Eleanor Roosevelt: karena hadir boneka Barbie yang mirip dengannya.

Pembuat mainan Mattel Inc (MAT.O) membuatkan boneka barbie dengan role model para ilmuwan perempuan. Sarah Gilbert, seorang profesor berusia 59 tahun di Universitas Oxford dan salah satu pengembang vaksin Oxford/AstraZeneca, adalah satu dari enam perempuan dalam perjuangan COVID-19 yang memiliki model barbie baru.

Barbie Gilbert ditampilkan dengan rambut pirang panjang dan kacamata hitam besar, kemudian dia mengenakan setelan blazer warna biru tua dan blouse putih. 

"Ini adalah konsep yang sangat seru memiliki boneka barbie yang dibuat dalam rupa saya," kata Gilbert dalam sebuah wawancara untuk Mattel, seperti dikutip dari laman Reuters, Rabu 4 Agustus 2021 

"Saya berharap ini akan menjadi bagian dari membuat lebih normal bagi anak perempuan untuk berpikir tentang karir di bidang sains." 

Di antara penerima penghargaan adalah perawat ruang gawat darurat Amy O'Sullivan yang merawat pasien COVID-19 pertama di Rumah Sakit Wycoff di Brooklyn, New York, dan Audrey Cruz, dokter garis depan di Las Vegas yang memerangi diskriminasi.

Boneka lainnya termasuk Chika Stacy Oriuwa, seorang psikiater Kanada yang tinggal di Universitas Toronto yang memerangi rasisme sistemik dalam perawatan kesehatan, dan peneliti biomedis Brasil Jaqueline Goes de Jesus, yang memimpin pengurutan genom varian COVID-19 di Brasill.

Terakhir, sebuah boneka untuk menghormati Kirby White, seorang dokter Australia yang memelopori gaun bedah yang dapat dicuci dan digunakan kembali oleh pekerja garis depan selama pandemi. Dr White terinspirasi untuk membuat gaun setelah kliniknya mengalami kekurangan hanya tiga minggu setelah pandemi COVID-19 tahun lalu.

Gilbert memilih organisasi nirlaba WISE (Women in Science & Engineering), yang didedikasikan untuk menginspirasi para perempuan muda untuk mempertimbangkan karir di STEM. 

Baca: Barbie Rilis Boneka Atlet Naomi Osaka

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."