Bingung Sarapan Apa? Berikut Menu Makanan Cepat Saji yang Lebih Sehat

Kreasi egg muffin, sarapan fast food sehat/Foto: Pixqabay

kuliner

Bingung Sarapan Apa? Berikut Menu Makanan Cepat Saji yang Lebih Sehat

Jumat, 30 Juli 2021 07:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Meluangkan waktu untuk sarapan sehat ketika Anda memiliki jadwal sibuk mungkin tidak selalu memungkinkan. Terkadang, karena alasan itu, Anda mungkin lebih baik memesan makanan online atau drive thru

Makanan cepat saji sering dianggap tidak sehat, dan untuk alasan yang baik — sebagian besar pilihan akan menghabiskan banyak kalori, lemak jenuh, tambahan gula, dan natrium.

Melansir laman Healthline, Jumat 30 Juli 2021, berikut rekomendasi restoran cepat saji atau fast food dengan pilihan menu makanan sehat yang bisa Anda coba untuk sarapan di rumah.

Rendah kalori terbaik

Jika Anda ingin memantau asupan kalori Anda, ada beberapa pilihan yang bisa Anda coba. Kedua sarapan ini sama-sama di bawah 300 kalori. Namun, perlu diingat bahwa makanan sehat ini mungkin tidak mengenyangkan seperti makanan berkalori tinggi. Jika Anda mau, tambahkan secangkir buah untuk beberapa kalori ekstra, nutrisi, dan serat pengisi.

Anda juga akan melihat beberapa sarapan lain di daftar ini yang kurang dari 300 kalori.

1. Telur Dadar Putih Telur Dunkin Donuts

Telur dadar putih telur sayuran diisi dengan sayuran sehat dan dirangkai dengan keju cheddar pada lapisan tipis multigrain. Satu porsi berisi (1):

Kalori: 290Lemak: 13 gramLemak jenuh: 5 gramKarbohidrat: 27 gramSerat: 5 gramGula: 4 gramProtein: 17 gramNatrium: 550 mg

McDonald's Egg McMuffin tanpa mentega

Egg McMuffin adalah pilihan sarapan yang populer, dan jika Anda memesannya tanpa mentega, itu kurang dari 300 kalori. Dengan mentega, jumlah kalori sandwich hanya sedikit lebih tinggi yaitu 310 kalori. Satu Egg McMuffin tanpa mentega mengandung (2):

Kalori: 280Lemak: 11 gramLemak jenuh: 4,5 gramKarbohidrat: 30 gramSerat: 2 gramGula: 3 gramProtein: 17 gramNatrium: 750 mg

Vegetarian terbaik

Menghindari daging terkadang dapat membuat pemesanan lebih sulit, terutama ketika juga mencoba untuk mendapatkan cukup protein. Makanan vegetarian ini termasuk sayuran sehat dan banyak protein dari putih telur.

Roti Panera Alpukat, Putih Telur, dan Sandwich Bayam

Sandwich ini memiliki porsi bayam, serta alpukat, yang memiliki lemak dan serat sehat yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Satu sandwich mengandung (3Trusted Source, 4):

Kalori: 360Lemak: 14 gramLemak jenuh: 6 gramKarbohidrat: 39 gramSerat: 5 gramGula: 5 gramProtein: 19 gramNatrium: 700 mg

Starbucks Bayam

Bungkus ini sedikit lebih rendah kalori, tetapi masih mengandung 20 gram protein, nutrisi lain yang dapat membantu Anda tetap merasa kenyang. Natriumnya cukup tinggi, jadi cobalah untuk menyeimbangkannya dengan makanan rendah natrium sepanjang hari (3Trusted Source).

Selain itu, pertimbangkan untuk mengambil beberapa buah segar bersama dengan bungkus Anda untuk membuatnya menjadi makanan yang lebih mengenyangkan dan seimbang. Satu bungkus berisi (5):

Kalori: 290Lemak: 8 gramLemak jenuh: 3,5 gramKarbohidrat: 34 gramSerat: 3 gramGula: 5 gramProtein: 20 gramNatrium: 840 mg

Oatmeal terbaik

Ilustrasi oatmeal. shutterstock.com

Oatmeal adalah pilihan sarapan yang baik karena dikemas dengan nutrisi seperti serat dan vitamin serta mineral lainnya. Saran di bawah ini juga sesuai untuk individu yang mencari makanan rendah sodium.

Oatmeal Klasik Starbucks

Oatmeal plain ini adalah bahan dasar sehat yang sempurna yang dapat Anda nikmati sesuka Anda. Oatmeal rendah kalori, jadi DIsarankan menambahkan beberapa buah dan kacang segar atau kering untuk menambahkan serat dan lemak sehat untuk melengkapi makanan. Tanpa topping, satu porsi oatmeal mengandung:

Kalori: 160Lemak: 2,5 gramLemak jenuh: 0,5 gramKarbohidrat: 28 gramSerat: 4 gramGula: 0 gramProtein: 5 gramNatrium: 125 mg

Smoothie terbaik

Ilustrasi smoothie mangga. Pixabay.com/fernandovillalobos

Smoothie sangat cocok untuk pagi yang sibuk, tetapi sering kali sarat dengan gula dan kalori kosong. Pesanan smoothie makanan cepat saji ini termasuk protein dalam jumlah yang baik tanpa tambahan gula, membuat sarapan yang mengenyangkan dan dapat diminum dalam perjalanan.

Smoothie Vanila

Smoothie ini mendapatkan rasa manisnya dari pisang dan mengandung almond dan protein untuk menjadikannya makanan lengkap yang diisi dengan lemak, buah, dan protein sehat. Ini hanya mengandung 22 gram karbohidrat, jadi jika Anda membatasi karbohidrat, ini bisa menjadi pilihan yang bagus.

Jika Anda bukan penggemar vanilla, smoothie versi cokelat dan stroberi ini memiliki kandungan nutrisi yang serupa. Coba tambahkan bayam atau kangkung untuk tambahan sayuran yang tidak mungkin Anda cicipi.

Satu smoothie vanilla 20 ons (591-mL) mengandung (11):

Kalori: 240Lemak: 10 gramLemak jenuh: 3 gramKarbohidrat: 22 gramSerat: 4 gramGula: 8 gramProtein: 21 gramNatrium: 320 mg

Baca: Studi: Sarapan setelah Pukul 08.30 Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes