Suka Berkomentar Buruk Soal Tubuh Anda, Termasuk 10 Tanda Pasangan Manipulatif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. shutterstock.com

Ilustrasi pasangan bertengkar. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pasangan manipulatif punya sejumlah cara licik untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Bahkan, Anda bisa tak menyadarinya saat ia melakukannya. Seringkali, ia akan mengacaukan emosi dan kesehatan mental Anda sehingga memaksa Anda melakukan apa yang diinginkan.

Orang yang manipulatif sulit dikenali, sampai-sampai Anda bisa berkencan dengannya dan bahkan tidak menyadari. Berikut 10 tanda pasangan manipulatif.

1. Memprovokasi

Seringkali ia memprovokasi Anda dengan sengaja hanya mendapatkan tujuan yang diinginkan salah satu bentuk perilaku manipulatif. Contohnya, ia mungkin dengan sengaja melakukan sesuatu untuk membuat Anda marah sehingga dapat menuduh Anda selalu marah.

2. Menangis berkedok

Menangis salah satu cara menyuarakan perasaan Anda kepada pasangan, begitu pula sebaliknya. Tetapi ada perbedaan antara menangis dengan tulus dan menangis secara khusus untuk membuat pasangan Anda merasa bersalah. Pasangan yang manipulatif mungkin juga membuat Anda bersalah dengan cara lain, seperti mengatakan hal-hal yang sarat emosi atau membuat klaim berlebihan seperti, "Kamu menghancurkan hidupku."

Pasangan manipulatif mungkin juga merengek seperti anak-anak, sampai mereka mendapatkan apa yang diinginkannya.

3. Selalu mempertanyakan pikiran

Dikenal sebagai gaslighting, cara ini membuat Anda mempertanyakan pikiran Anda. Contoh klasik adalah ketika seseorang yang sudah lama Anda kencani memberi tahu Anda bahwa Anda terlalu cepat terikat dan perlu menenangkan diri, seolah-olah Anda baru berkencan selama beberapa minggu.

4. Tidak pernah menyesal

Menolak untuk mengakui bahwa mereka salah atau meminta maaf adalah tanda lain bahwa dia itu manipulatif. Ia mungkin menghindari mengakui kesalahan untuk membuat Anda merasa seperti orang yang bersalah. Padahal kenyataannya, ia yang salah.

Baca juga: Anda Boleh Bohong ke Pasangan dengan 8 Alasan Ini, Setuju?

5. Mengancam

Ancaman bukanlah cara untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan dalam hubungan yang sehat. Tetapi orang yang manipulatif mungkin menggunakan ancaman sebagai salah satu alat mereka yang paling kuat untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Salah satu ancaman yang paling umum adalah mengancam untuk pergi kecuali pasangan Anda melakukan apa yang Anda inginkan.

Ancaman semacam ini menuntut hal-hal yang tidak masuk akal dan menjanjikan konsekuensi yang keras jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

6. Suka berkomentar buruk

Anda harus bisa berbagi rasa tidak aman dengan pasangan Anda tanpa takut akan menggunakannya untuk melawan Anda. Contohnya adalah pasangan Anda suka berkomentar buruk tentang berat badan Anda atau pasangan Anda menyuruh Anda memakai sesuatu yang mereka sukai, mengklaim pilihan Anda membuat Anda terlihat terlalu besar atau kecil. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan banyak rasa sakit emosional.

7. Mengintimidasi atau melecehkan

Memaksakan kehendak untuk melakukan pasangan melakukan yang diinginkan merupakan hal yang tidak baik dan bentuk perundungan atau bullying. Jika orang yang Anda kencani mengintimidasi atau melecehkan Anda sampai Anda memberi apa yang mereka inginkan, itu jelas merupakan tanda manipulasi.

8. Membuat Anda bergantung dengannya

Terkadang, pasangan yang manipulatif akan membuat Anda merasa membutuhkan atau selalu bergantungnya. Ia mengatur sehingga Anda merasa tidak bisa pergi dari sampingnya. Ia mungkin melakukan ini dengan terus-menerus mengganggu harga diri Anda dengan komentar kritis untuk membuat Anda merasa tidak berharga.

9. Menghukum dengan menahan hal-hal bernilai

Bentuk manipulasi umum lainnya yang harus diwaspadai adalah menahan hal-hal yang berharga dari Anda. Orang yang manipulatif menggunakan metode ini untuk menghukum pasangannya, atau sampai mereka mendapatkan apa yang diinginkan dari pasangannya. Pada kenyataannya, hubungan yang sehat seharusnya tidak menampilkan dua pasangan yang saling menghukum. Ini bukan hubungan orang tua-anak.

10. Menyembunyikan kebenaran

Dengan sengaja, pasangan manipulatif kerap merendahkan. Hal itu membuat Anda tidak dapat memutuskan hal terbaik. Mungkin juga membuat Anda lebih bergantung dengannya.

Baca juga: Simak 4 Tanda Pria Tidak Ada Rasa Padamu

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."