Suka Melamun? Ternyata Bisa Mengurangi Stres dan Kecemasan

Ilustrasi wanita melamun sambil tersenyum. shutterstock.com

ragam

Suka Melamun? Ternyata Bisa Mengurangi Stres dan Kecemasan

Rabu, 21 Juli 2021 07:03 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -Tahukah Anda, jika kita semua pernah melamun dan lebih sering dari yang Anda duga. Para ilmuwan setuju bahwa kita menghabiskan 47 persen waktu kita untuk melamun.

Jadi, apa itu lamunan? Seperti yang dilansir dari laman Very Well Mind, Rabu 21 Juli 2021, melamun dapat didefinisikan sebagai ingatan yang Anda alami saat Anda terjaga. Selama kita berada dalam keadaan ini, pikiran kita melayang.

Selingan tersebut adalah pengalihan singkat dari dunia Anda saat ini. Bertentangan dengan apa yang mungkin telah diajarkan kepada Anda, melamun tentang hal-hal yang menyenangkan ternyata jauh dari sia-sia.

Dengan mengabaikan dunia "luar" yang bising, Anda membiarkan pikiran Anda mengalir dengan bebas. Hal ini mendorong relaksasi mental dan eksplorasi. Ketika pikiran mengalir seperti, Anda berada dalam apa yang disebut keadaan gelombang alfa. Ketika berada di zona alfa, rasanya tenang dan tidak memikirkan apa pun dengan kekuatan yang dipaksakan

Istirahat dengan cara melamun tidak hanya menyenangkan, tapi diperlukan bagi Anda. Sebab, otak Anda tidak dapat mempertahankan fokus dan produktivitas tanpa henti. Kesehatan otak yang baik membutuhkan beberapa periode relaksasi yang teratur.

Setelah hari yang panjang untuk bekerja atau setelah perselisihan dengan seorang teman, biarkan pikiran Anda melayang ke sesuatu yang sama sekali tidak berhubungan dan menyenangkan. Ini mungkin membantu Anda melupakan dan menjauhkan diri dari keadaan yang mengkhawatirkan.

Melamun juga berguna bagi kesehatan mental Anda untuk menghindari stres dan dan gangguan kecemasan.  Jika Anda merasa diri Anda semakin cemas, Anda dapat beralih ke melamun dan langkah-langkah berikut:

  • Langkah pertama adalah mengalihkan pandangan dari meja kerja Anda, pekerjaan, atau gangguan apapun.
  • Selanjutnya, tarik napas dalam-dalam. Lalu hembuskan napas perlahan. Ulangi.
  • Terakhir, pikirkan sesuatu yang menyenangkan dan memiliki arti bagi Anda.

Anda mungkin membayangkan diri Anda di tempat favorit Anda di mana Anda suka mendaki di hutan. Atau Anda mungkin berpikir tentang mobil baru yang ingin Anda beli. Apa warna itu? Fitur apa yang akan dimilikinya? Dapatkah Anda membayangkan diri Anda merasa hebat di kursi pengemudi?

Menurut studi dari Sekolah Kedokteran Universitas Harvard, "Mengembara pikiran dapat membantu mengelola kecemasan." Seperti meditasi atau aktivitas yang menenangkan, melamun bertindak sebagai obat alami untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Baca: Untuk Atasi Bosan dan Hindari Konflik, Pisces dan 4 Zodiak Ini Suka Melamun