Seblak Makanan Favoritnya, Mutia Ayu: Suka yang Banyak Kencur dan Pedas Banget

Mutia Ayu, penyanyi. Instagram/@mutia_ayuu

kuliner

Seblak Makanan Favoritnya, Mutia Ayu: Suka yang Banyak Kencur dan Pedas Banget

Selasa, 13 Juli 2021 12:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Mutia Ayu mengaku seblak salah satu makanan favoritnya. Ia sudah jadi penggemar seblak sejak Sekolah Menengah Atas atau SMA di Sukabumi, Jawa Barat. 

"Akhirnya, saat pulang ke kampungku di Ujung Genteng, Sukabumi, baru aku buat seblak (sendiri). Sering deh sampai sekarang buat seblak karena aku suka banget makan seblak. So, seblak is my favorite food," ujarnya dikutip dari kanal YouTube Muti Ayu, Ahad, 11 Juli 2021.

"Dan, aku gak suka seblak kalo gak pedes. Pengennya seblak yang pedes banget," tambahnya.

Menurut perempuan 26 tahun itu, seblak juga bisa meningkatkan suasana hatinya menjadi positif di kala bosan. Di vlog tersebut, Mutia juga menunjukkan memasak seblak versi dirinya dan Restu, asisten rumah tangga plus pengasuh putrinya, Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo.

"Biasanya mbak Restu yang selalu buatin aku seblak," imbuh istri mendiang Glenn Fredly itu.

Ia kemudian menunjukkan proses membuat seblak yang diawali dengan menggoreng kencur, bawang putih, dan cabai merah yang sudah diblender.

"Aku pakai seadanya (bahan-bahan di atas). Trus ini cabainya banyak banget, karena aku senang pedes," ujar penyanyi Muara Hati itu. Mutia tampak berulang kali mengaduk bumbu tersebut hingga matang sesuai arahan Restu yang berada di sampingnya. "Sampai kecium bawang putihnya, cabainya kecium juga," tutur Restu.

Selain bumbu di atas, bahan-bahan yang digunakan Mutia adalah sawi, telur, kerupuk warna-warni, dan bakso. Usai bumbu matang, Mutia memasukkan dua butir telur lalu sawi yang sudah dipotong. Ia tampak mencampur rata bahan dan bumbu di dalam wajan dengan api kompor cukup besar. 

Mutia lalu mengisahkan dulu sering membuat seblak sendiri di rumah, sebelum camilan khas Jawa Barat itu menjadi populer lima tahun belakangan ini. Ia menyukai kencur yang cukup banyak saat membuat seblak. "Kalau dulu tuh aku (pakai) kencurnya banyak banget karena wangi, kan," ucap Mutia.

Tapi Restu berpendapat berbeda, menurutnya, banyak menggunakan kencur tidak sewangi yang diharapkannya."Kalau di sini kencur sebanyak apa pun enggak wangi, malah nanti gak enak kalau banyak. Kecuali kencur yang di kampung, ya, baru tuh, wangi enak pula," katanya.

Setelah diaduk rata, Mutia kemudian memasukkan kerupuk dan air secukupnya lalu dididihkan. Kemudian ditambahkan dua sendok teh penyedap rasa dan bubuk cabai yang banyak seperti favoritnya.

Usai seblak matang, Mutia Ayu menyantapnya bersama Anastika Ardiana atau akrab disapa Ika, manajer Glenn Fredly. Ia juga mengungkapkan menyukai olahan seblak yang orisinal tanpa variasi tambahan yang digandrungi saat ini seperti makaroni, ceker, sosis, dan lainnya. 

Baca juga: Alasan Mutia Ayu Suka Pakai Busana Hitam, Ternyata Ada Baju Glenn Fredly