Nia Ramadhani Terjerat Narkoba, Ini 4 Tahap Penyembuhan dari Kecanduan Narkotika

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Nia Ramadhani dihadirkan saat konferensi pers di Kantor Polres Metro Jakarta Pusat, Sabtu, 10 Juli 2021. Nia mengenakan baju tahanan berwarna merah dengan topi dan masker yang menutupi wajahnya. Foto: Humas Polres Jakarta Pusat

Nia Ramadhani dihadirkan saat konferensi pers di Kantor Polres Metro Jakarta Pusat, Sabtu, 10 Juli 2021. Nia mengenakan baju tahanan berwarna merah dengan topi dan masker yang menutupi wajahnya. Foto: Humas Polres Jakarta Pusat

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyalahgunaan narkoba kembali ramai diperbincangkan setelah aktris Nia Ramadhani dan suaminya, Ardi Bakrie, ditangkap polisi saat mengkonsumsi sabu-sabu.

World Drug Report dari Kantor PBB Urusan Obat-obatan dan Kejahatan menyatakan pada 2020 tercatat sekitar 269 juta orang di dunia menyalahgunakan narkoba.

Narkoba memang menjadi masalah di seluruh dunia. Selain menyebabkan kecanduan, narkoba bisa merusak kesehatan hingga berujung pada kematian.

Berikut empat tahap yang harus dilewati jika seseorang ingin sembuh dari kecanduan narkoba seperti dikutip dari laman bnn.go.id:

1. Pemeriksaan
Kegiatan pemeriksaan hanya dilakukan oleh tenaga ahli seperti dokter dan terapis. Tujuannya guna mengetahui sejauh mana kecanduan yang dialami dan efek samping yang muncul.

Jika efek samping yang muncul berbentuk depresi atau bahkan gangguan perilaku, maka terapis lebih dulu akan menyembuhkan hal tersebut.

2. Detoksifikasi
Proses detoksifikasi dikenal menjadi tahap yang paling sulit untuk dilewati pecandu. Pada tahap ini pengguna mesti steril 100 persen tanpa menggunakan obatan-obatan berbahaya tersebut. Pada proses ini akan muncul efek menyiksa seperti rasa mual hingga badan terasa sakit. Hal ini muncul karena pecandu merasa tertekan tidak mendapakan pasokan obatan untuk dikonsumsi.

Di tahap ini pecandu sebaiknya memperbanyak minum air supaya tidak dehidrasi. Untuk meringakan efek-efek yang muncul, dokter atau terapis bisa memberikan obat. Di masa detoksifikasi ini, pecandu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi guna pulihkan kondisi tubuh. Terkait lamanya proses detoksifikasi ini juga tergantung pada tingkat kecanduan yang mendera pencandu.

3. Stabilitasi
Setelah proses panjang detoksifikasi, tahap selanjutnya langkah stabilisasi. Tahapan ini bentuk pemulihan jangka panjang dengan memberikan resep dokter. Tidak hanya itu, rencana ke depan pun diarahkan agar kesehatan mental tetap terjaga dan tidak kembali menggunakan narkoba.

4. Pengelolaan Aktivitas
Jika rehabilitasi terlewati, selanjutnya pendekatan dengan melibatkan orang terdekat seperti keluarga dan teman agar mengawasi aktivitas mantan pemakai. Tanpa dukungan penuh dari orang sekitar, keberhasilan dalam mengatasi kecanduan narkoba tidak akan lancar.

TIKA AYU

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."