Cerita Lea Simanjuntak Soal Susahnya Pekerja Hiburan Saat Pandemi, Bertahanlah

Lea Simanjuntak/Instagram- @leasimanjuntakofficial

karir

Cerita Lea Simanjuntak Soal Susahnya Pekerja Hiburan Saat Pandemi, Bertahanlah

Jumat, 9 Juli 2021 07:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Lea Simanjuntak bercerita soal berbagai tantangan yang dihadapinya sebagai pekerja di dunia hiburan. Dengan berbagai kebiasaan baru yang ada akibat pandemi, Lea Simanjuntak mengatakan ada 3 hal yang kerap terjadi. "Entertainment people nowadays: Tidak boleh baper kalau acara tiba-tiba dibatalkan dan kontrak menjadi tidak berlaku," katanya pada unggahan Instagram 28 Juni 2021.

Lea Simanjuntak mengatakan sempat ada beberapa harapan untuk para pekerja hiburan beberapa bulan terakhir. Pekerjaan yang ditawarkan pun diikuti dengan berbagai protokol yang ekstra ketat dan para pekerja hiburan pun harus mau repot dengan berbagai syarat yang berlaku. Sayang, harapan itu sirna secepat kilat. "Mulai seminggu yang lalu kembali dipupuskan lagi harapannya, pekerjaan ke depan dibatalkan lagi semuanya," kata Lea Simanjuntak menyayangkan fakta itu.

Pemilik suara emas ini pun bertanya seberapa penting sebenarnya pekerja hiburan seperti yang dimiliki Lea? "Berguna, atau tidak berguna sih? Berdampak, atau tidak berdampak sih?" katanya.

Ia menjelaskan bahwa sebenarnya para pekerja di dunia hiburan memerlukan berbagai persiapan penting sebelum mereka tampil. Satu acara saja minimal memerlukan waktu persiapan sepekan. Berbagai hal harus dipersiapkan, seperti atribut, konsentrasi, mental, dan emosi. "Karena kita mau menghibur kan... Mana mungkin seorang entertainer datang dengan emosi masih marah pada keadaan atau dengan suasana kecapekan karena terlalu lelah dari kesibukan 'back up' kita demi menyambung hidup?"

Lea Simanjuntak mengatakan bahwa selama ini, dia dan semua pekerja hiburan harus siap lahir bathin demi memberikan tawa, kesegaran batin, bahkan inspirasi untuk hidup kepada orang-orang. "Terserah kalian mau menyebutnya apa, tapi kami selalu ada untuk menghibur kalian semua. Karena hiburan bisa membuatmu lebih hidup," katanya.

Lea Simanjuntak. Instagram.com/lea_boruniraja

Lea Simanjuntak pun ingin menularkan semangatnya dan memberikan pelukan hangat virtual kepada semua pekerja di dunia hiburan. Ia memanggil berbagai pekerja di dunia hiburan seperti penyanyi, musisi, MC aktor, penari serta para pekerja di belakang layar seperti teknisi suara, roadman, kru, penata rias, pengarah gaya, tim lampu dan semua pekerja dunia hiburan. "Maju terus, jangan patah semangat. Mempunyai 2 pekerjaan atau lebih sekaligus, itu jangan dibikin jadi beban, melainkan anugerah," katanya.

Ia mengajak semua pekerja hiburan mencari berbagai peluang dan fokus serta menghargai setiap kesempatan yang diberikan. "Kelelahan yang kamu rasakan ini tidak akan selamanya kok. Bekerjalah sepenuh hati seperti untuk Tuhan, bukan untuk manusia, apalagi manusia-manusia egois yang menyebabkan dunia entertainment terpaksa jadi hancur. Bertahanlah, sahabat," kata Lea Simanjuntak.

Pandemi memberikan dampak besar kepada dunia hiburan tanah air. Acara konser, pembuatan film, dan seminar bila dilakukan secara offline biasanya diikuti banyak orang sehingga mengakibatkan kerumunan. Padahal di masa pandemi ini, kerumunan sangat dilarang karena bisa mengakibatkan penularan virus corona dengan sangat cepat. Akibatnya, semakin banyak acara dan kegiatan hiburan yang dilakukan secara online. Pada akhir 2020 hingga awal 2021, beberapa kegiatan offline sempat diperbolehkan berjalan, dengan syarat ketat seperti penggunaan protokol kesehatan serta kuota ruangan tidak boleh penuh. Namun meningkatnya jumlah kasus terinfeksi virus corona membuat pemerintah kembali menerapkan berbagai pengetatan protokol kesehatan serta mengeluarkan aturan lain, salah satunya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat khususnya di Jawa dan Bali.

Ungkapan keresahan dan pesan semangat Lea Simanjuntak untuk para pekerja hiburan mendapat banyak reaksi di kolom komentar. Penyanyi Dira Sugandi memberikan pelukan virtual hangat kepada Lea Simanjuntak. "Ka Lea thank you so much for writing this ," kata aktris Asmara Abigail di kolom komentar.