4 Latihan untuk Menjaga Kesehatan Tiroid, Sikap Lilin hingga Plow Pose

Ilustrasi plow pose yoga. Shutterstock

kesehatan

4 Latihan untuk Menjaga Kesehatan Tiroid, Sikap Lilin hingga Plow Pose

Sabtu, 26 Juni 2021 10:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaTiroid merupakan kelenjar berbentuk kupu-kupu kecil yang biasanya terdapat di bawah leher. Kelenjar ini berfungsi mengontrol metabolisme, juga melepas banyak hormon yang mendukung banyak fungsi tubuh, termasuk penggunaan energi, menghasilkan panas, dan mengonsumsi oksigen.

Ada sejumlah latihan yang cocok untuk menjaga kesehatan tiroid. Pelatih kebugaran dan ahli gizi olahraga asal India, Hasti Singh, menyarankan yoga hingga sikap lilin untuk menjaga kesehatan tiroid, dikutip dari Pink Villa, Jumat, 25 Juni 2021.

1. Yoga

Sekelompok wanita melakukan pose yoga uttansana. Freepik.com/yanalya

Ini adalah upaya pertama untuk melihat apakah Anda menghadapi masalah terkait tiroid. Yoga menawarkan manfaat kardio, kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan. Cukup berlatih satu jam yoga setiap hari dan rasakan perbedaannya.

2. Jalan Kaki

Ilustrasi wanita jalan kaki. Freepik.com/Yanalya

Ini bukan jenis olahraga yang intens dan siapa pun dapat melakukannya di mana saja. Jalan kaki akan membantu Anda untuk mendapatkan daya tahan dan kekuatan. Mulailah berjalan di sekitar balkon, teras, atau di dalam rumah Anda, jika Anda tidak ingin keluar.

3. Sikap Lilin

Shoulder stand with support atau dikenal juga dengan sikap lilin ini dapat membantu Anda mengatasi masalah tiroid Anda. Berhati-hatilah dengan leher Anda saat melakukan latihan ini dan berlatih dengan pelatih jika memungkinkan. Sikap lilin merupakan posisi saat seluruh tubuh lurus bertumpu pada bahu dengan siku dan tangan membantu menopang berat tubuh di pinggang.

Ilustrasi shoulder stand yoga. Shutterstock

Baca juga: Kenali 5 Gejala Utama Kanker Tiroid, Jangan Abaikan Susah Menelan

Salah satu jenis latihan senam lantai ini akan membantu dalam meningkatkan pencernaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi retensi cairan di tubuh bagian bawah, dan mengembalikan aliran darah ke jantung. Ini juga membantu mengurangi stres dengan menenangkan dan memberi energi pada hormon Anda.

4. Plow Pose

Salah satu gerakan dalam yoga ini cocok bagi yang alami kelelahan dan stres. Selain itu, plow pose atau halasana ini juga merangsang organ perut, kelenjar tiroid hingga mengatasi sakit punggung.

Cara melakukannya, berbaring telentang  dan kedua tangan berada di sisi tubuh. Angkat kaki Anda hingga sembilan puluh derajat dan tarik napas. Perlahan buang napas dan angkat kaki hingga jari-jari kaki menyentuh lantai di atas kepala. Posisi punggung tegak lurus dengan lantai.

Ilustrasi plow pose yoga. Shutterstock

Anda bisa menempatkan guling atau balok di bawah kaki Anda jika tidak mencapai lantai. Jaga tangan Anda di pinggul jika kaki Anda tidak mencapai tanah atau penyangga. Tarik napas perlahan untuk mengangkat kaki Anda dan sejajarkan tulang belakang Anda di lantai. Buang napas untuk menurunkan kaki Anda ke lantai. Ambil bantuan bantal untuk menopang kaki Anda jika tidak menyentuh lantai.

Jadi, jangan lupa masukkan latihan di atas dalam rutinitas olahraga harian Anda guna menjaga kesehatan tiroid.

NATHASYA ESTRELLA | PINK VILLA