Dua Resep Spesial Berbahan Tempe, Bisa untuk Camilan

Tempe krispi (Dok. Dapur Umami)

kuliner

Dua Resep Spesial Berbahan Tempe, Bisa untuk Camilan

Kamis, 17 Juni 2021 06:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Siapa yang tidak suka tempe? Makanan yang kaya gizi, enak, dan mudah didapatkan ini? Ya, tempe menjadi salah satu menu favorit keluarga di Indonesia. Terlebih selama masa pandemi, gaya hidup konsumen di Indonesia berubah menjadi lebih sehat.

Namun di sisi lain, pendapatan masyarakat mayoritas juga terganggu akibat pandemi. Sehingga diharapkan harga yang sangat terjangkau dari menu tempe goreng ini sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi (protein) konsumen selama pandemi.

Mengamati animo masyarakat yang semakin banyak menyukai makanan berbahan dasar kedelai ini, PT Ajinomoto Indonesia kembali berinovasi dengan melahirkan varian baru, yaitu Sajiku Tepung Bumbu Tempe Crispy.

Brand Manager Sajiku, Endang Pamularsih mengatakan varian baru ini harapannya bisa menambah elezatan pada makanan, serta kesehatan masyarakat Indonesia di masa pandemi Covid-19.

"Dengan meluncurkan varian baru, kamu berharap dapat memberikan cara baru dalam menikmati kelezatan tempe goreng, sebagai salah satu sumber protein nabati dengan harga yang terjangkau," ucap Endang melalui siaran pers, Senin, 14 Juni 2021.

Tepung bumbu tempe crispy merupakan perpaduan tepat antara tepung, ketumbar, dan rempah pilihan berkualitas yang menghasilkan aneka tempe goreng tepung renyah (kriuk) berbumbu favorit keluarga, yang pastinya lezat, praktis, dan ekonomis.

Berikut dua resep berbahan dasar tempe yang bisa menjadi pelengkap sajian di meja makan Anda:

1. Tempe Krispi

Bahan-bahan:

- 100 gram Tempe- 1 bungkus Sajiku Tepung Bumbu 80 gram- 700 ml Minyak Goreng- 8 sdm Air Es

Cara Membuat:

1. Iris tempe menjadi 5 bagian, sisihkan

2. Buat adonan kering: Masukkan 1 bungkus tepung bumbu. Adonan basah: Pindahkan 2 sdm tepung bumbu dan larutkan dengan air es, aduk rata.

3. Masukkan tempe ke adonan basah, kemudian masukkan ke adonan kering, gulingkan dan ketukan.

4. Panaskan minyak goreng, masukkan tempe, goreng hingga kuning keemasan.

Keripik tempe (Dok. Dapur Umami)

2. Keripik Tempe Spesial

Bahan-bahan:

- 1 papan (150 gram) Tempe- 1 bungkus Sajiku Tepung Bumbu 80 gram- 700 ml Minyak Goreng- 500 ml Air es

Cara Membuat:

1. Iris tipis-tipis tempe2. Celupkan irisan tempe ke dalam air es. 3. Masukkan irisan tempe ke dalam 1 bungkus tepung bumbu gulingkan hingga rata.4. Panaskan minyak goreng, masukkan tempe, goreng hingga matang (±15 menit) dan berwarna kuning keemasan. Angkat dan sajikan.

Tips : Masukkan dalam toples setelah keripik tempe dingin.