Ini Arti Nama Bayi Meghan Markle dan Pangeran Harry

Pangeran Harry dan Meghan Markle mengumumkan kehamilan anak kedua mereka tepat di Hari Valentine, 14 Februari 2021. Sumber foto: Twitter/Misan Harriman

ragam

Ini Arti Nama Bayi Meghan Markle dan Pangeran Harry

Senin, 7 Juni 2021 12:38 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Pangeran Harry dan Meghan Markle telah mengumumkan nama putri mereka: Lilibet "Lili" Diana Mountbatten-Windsor. Lili lahir pada hari Jumat, 4 Juni, sementara Keluarga Sussex membagikan berita tersebut pada hari Minggu.

Nama pilihan untuk anak kedua Harry dan Meghan menjadi perhatian publik. Salah satunya karena menggunakan nama kecil Ratu Elizabeth II. Bukan hanya itu, nama tengah Lili adalah Diana yang merujuk pada mendiang ibunda Harry.

Lilibet, nama kesayangan untuk Ratu Elizabeth II

Sejak lama, keluarga Kerajaan Inggris memanggil Ratu dengan sebutan Lilibet. Nama ini pertama kali digunakan saat Elizabeth masih berusia balita dan tak bisa mengucapkan namanya dengan jelas. Dikutip dari People, Raja George VI, pernah berkata soal anak-anaknya: 'Lilibet adalah kebanggaan saya. Margaret adalah kebahagiaan saya.'

Raja George V, kakek dari Ratu Elizabeth, juga memanggilnya dengan panggilan Lilibet. Sejak saat itu, panggilan sayang itu terus digunakan. Bahkan Duke of Edinburgh juga memanggilnya dengan nama itu.

Menurut Familyeducation.com nama Elizabeth berasal dari bahasa Herbew dan memiliki beberapa arti termasuk 'Tuhanku adalah sumpah', 'Tuhanku berlimpah', dan 'berjanji kepada Tuhan'. Sedangkan Diana berasal dari bahasa Yunani dan berarti 'ilahi'.

Nantinya, seperti yang telah diungkapkan Duke dan Duchess, Lilibet akan dipanggil Lili. Pengucapannya sama seperti bunga bernama sama yang dikenal sebagai simbol dari kemurnian, komitmen, kelahiran kembali, dan kesuburan.

Lili juga kenakan nama tengah Diana

Nama tengah Lili, Diana, menjadi penghormatan bagi mendiang ibu Pangeran Harry, Putri Diana, yang kehilangan nyawanya pada 1997 di Paris setelah kecelakaan mobil.

Nama Diana berasal dari akar kata Indo-Eropa untuk merujuk pada yang ilahi dan juga merupakan nama dewi kesuburan, persalinan, perburuan, dan bulan Romawi.

Sepupu Lili, Putri Charlotte, juga memiliki Diana sebagai salah satu nama tengahnya, serta penghormatannya sendiri kepada nenek buyut mereka. Nama lengkapnya adalah Charlotte Elizabeth Diana.

Lili tak akan mengenakan gelar kerajaan

Seperti Archie, yang tidak diizinkan memiliki gelar kerajaan ketika ia lahir pada tahun 2019, Lili tidak diizinkan untuk menjadi seorang putri atau memiliki gelar HRH, karena keduanya terlalu jauh dari mahkota di bawah aturan yang ditetapkan lebih dari 100 tahun yang lalu. .

Namun, mereka akan berhak menjadi seorang putri dan pangeran, keduanya dengan gaya HRH, setelah kematian Ratu, begitu kakek mereka, Pangeran Charles, menjadi raja.

Sebelumnya, prediksi nama teratas jelang kelahiran putri Meghan Markle dan Pangeran Harry adalah Philippa. Selain memberi penghormatan kepada kakek Harry, Pangeran Philip, julukan itu juga memiliki makna sejarah karena akan menghormati Philippa dari Hainault, istri Raja Edward III dan ratu kulit hitam pertama Inggris.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle Umumkan Kelahiran Anak Perempuan

BAZAAR | ELLE | PEOPLE | THE GUARDIAN