5 Manfaat Bawang Putih Hitam untuk Kesehatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Kinanti Munggareni

google-image
Ilustrasi bawang putih hitam.

Ilustrasi bawang putih hitam.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu makanan super yang banyak dikenal manfaatnya adalah bawang putih hitam atau black garlic. Bawang putih hitam adalah bentuk bawang putih biasa, tapi keduanya tidak persis sama. Paling tidak ada 6 manfaat bawang putih hitam yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsinya. Baca terus untuk tahu lebih lanjut.

1. Kaya akan antioksidan

Dikutip dari Well + Good, perbedaan "paling menonjol" antara bawang putih hitam dan bawang putih biasa adalah bahwa bawang putih hitam mengandung lebih banyak fenol, alias antioksidan. Penelitian telah menemukan bahwa bawang putih hitam mencapai kandungan antioksidan puncaknya setelah 21 hari fermentasi. Antioksidan membantu melindungi sel Anda dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius seperti penyakit jantung dan kanker.

2. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Bawang putih mentah segar dikenal karena kemampuannya untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung. Bawang putih hitam dapat memberikan efek perlindungan yang sama. Bawang putih hitam juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, yang pada gilirannya mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Bawang putih hitam memiliki sifat pencegah kanker

Banyak penelitian menunjukkan bahwa sifat antioksidan bawang putih hitam dapat membantu melawan kanker. Satu studi menemukan bahwa itu dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker usus besar. Senyawa dalam black garlic juga dapat memblokir radikal bebas di dalam tubuh. Properti ini mengurangi kerusakan sel dan dapat membantu membatasi pertumbuhan dan potensi penyebaran sel kanker dalam tubuh.

4. Dapat meningkatkan kesehatan otak

Dalam sebuah penelitian pada tikus, bawang putih hitam dapat mengurangi stres oksidatif di otak. Pada dasarnya, semakin sedikit stres oksidatif yang dmiliki di otak, semakin baik sel-sel otak Anda akan berfungsi.

5. Dapat membantu fungsi hati

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bawang putih hitam dapat membantu melindungi hati, dan bahkan mencegahnya dari cedera. Tapi, analisis yang lebih kuat pada manusia diperlukan.

Secara keseluruhan, para ahli menekankan bahwa penelitian tentang bawang putih hitam masih berlangsung. Meski demikian jika Anda tidak bisa menggunakan makanan ini sebagai pengganti keseluruhan saran atau perawatan medis apapun yang diberikan dokter Anda.

Baca juga: 10 Makanan Sehat yang Bisa Kamu Santap untuk Meredakan Rasa Cemas dan Stres

WELL AND GOOD

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."