4 Bahan Skincare yang Bisa Bantu yang Bisa Cegah Jerawat dan Penuaan Kulit

Membersihkan wajah setiap hari bisa jadi cara menghilangkan jerawat. (Canva)

kecantikan

4 Bahan Skincare yang Bisa Bantu yang Bisa Cegah Jerawat dan Penuaan Kulit

Selasa, 11 Mei 2021 23:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Penuaan kulit tak bisa disangkal seiring bertambahnya usia. Masalahnya bukan hanya garis halus dan kerutan, tapi juga jerawat yang timbul di usia dewasa. Jerawat seperti ini mungkin muncul ketika Anda memasuki masa menopause. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk perawatan kulit Anda. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Retinol/retinoid

Bahan anti keriput topikal ini pada dasarnya dianggap sebagai keajaiban langsung oleh sebagian besar kulit. Retinol yang dijual bebas dan retinoid khusus resep (yang lebih kuat tetapi juga lebih keras) meningkatkan pergantian sel kulit, merangsang kolagen, dan membantu mengobati hiperpigmentasi dan jerawat.

“Memasukkan retinol dalam rutinitas perawatan kulit Anda berarti lebih sedikit komedo hitam dan komedo putih serta lebih sedikit garis halus dan kerutan,” kata Dr. Imahiyerobo-Ip dikutip dari Self.

2. Asam glikolat

Anggota keluarga asam alfa-hidroksi ini berasal dari buah dan ideal untuk semua jenis kulit — bahkan aman untuk kehamilan dan saat menyusui. "Asam glikolat telah terbukti efektif untuk jerawat ringan, kemungkinan karena kemampuannya untuk membantu meningkatkan pergantian kulit dan menghilangkan sel-sel kulit yang lebih tua dan lengket," Melanie D. Palm, MD, dokter kulit yang berbasis di San Diego, ahli bedah kosmetik, dan pendiri direktur Art of Skin MD, dikutip dari Self.

"Ini juga memiliki banyak penelitian untuk mendukung keefektifannya dalam anti-penuaan dengan memperbaiki warna dan perubahan warna kulit, tekstur kulit, stimulasi kolagen, dan keseluruhan cahaya / penampilan pada kulit."

3. Asam salisilat

Asam beta-hidroksi ini adalah bahan klasik untuk melawan jerawat. Itu yang dianggap folliculotropic, artinya ditarik ke folikel rambut, yang kebetulan menjadi lokasi awal munculnya jerawat.

“Asam salisilat menghilangkan sel-sel lengket di folikel rambut dan saluran kelenjar minyak yang dapat menyebabkan jerawat dan juga sangat efektif dalam menghilangkan hiperpigmentasi pasca-inflamasi dari jerawat, terutama pada jenis kulit yang lebih gelap,” kata Dr. Palm kepada Self.

"Untuk anti-penuaan, ini membantu memperbaiki warna kulit dan perubahan warna, dan memiliki kapasitas perangsang kolagen ringan."

4. Asam Azelaic

“Asam Azelaic adalah asam alami yang ditemukan dalam gandum, gandum hitam, dan biji-bijian yang memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan komedolitik yang kuat,” yang berarti mencegah pori-pori dan jerawat yang tersumbat, jelas Dr. Imahiyerobo-Ip. Dalam hal mencegah tanda-tanda penuaan, asam azelaic memiliki khasiat pencerah kulit yang luar biasa. “Ia bekerja untuk mencerahkan kulit yang tidak normal, tetapi tidak memiliki efek negatif pada kulit normal,” katanya. "Ini juga merupakan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada kulit, yang berarti mengurangi garis-garis halus dan kerutan."

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat pada Kulit Sensitif, Gunakan Produk Mengandung Sulfur

SELF