5 Cara Mempercepat Haid dengan Bahan Alami

Ilustrasi kalendar menstruasi. Freepik.com

kesehatan

5 Cara Mempercepat Haid dengan Bahan Alami

Minggu, 2 Mei 2021 23:58 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak alasan yang menyebabkan perempuan ingin mempercepat siklus menstruasi. Misalnya, ketika akan melangsungkan pernikahan, seorang perempuan mungkin menginginkan agar siklus haid selesai sebelum acara berlangsung. Beberapa di antaranya mungkin memiliki periode haid yang tidak teratur, sehingga merasa khawatir jika telat haid. Meskipun demikian, ada banyak cara mempercepat haid secara natural yang bisa dicoba. 

Berikut adalah deretan makanan yang bisa membantu mempercepat siklus menstruasi Anda, seperti yang telah dirangkum oleh Healthline.

Nanas

Nanas adalah sumber yang kaya bromelain, enzim yang dipercaya dapat mempengaruhi estrogen dan hormon lainnya. Sebuah studi tahun 2017 menunjukkan bromelain dapat membantu mengurangi peradangan. Ini berarti dapat membantu penyebab menstruasi tidak teratur yang terkait dengan peradangan.

Jahe

Jahe adalah obat tradisional untuk menginduksi menstruasi dan dipercaya dapat menyebabkan kontraksi rahim. Namun, ini tetap tidak dibuktikan oleh penelitian ilmiah. 

Cara termudah untuk mengkonsumsinya adalah dengan membuat teh jahe. Untuk menggunakan metode ini, rebus sepotong jahe segar yang telah dikupas dan diiris dalam panci berisi air selama lima hingga tujuh menit. Saring teh dan tambahkan madu atau gula pasir secukupnya sebelum diminum.

Peterseli

Peterseli mengandung vitamin C dan apiol tingkat tinggi, yang dapat membantu merangsang kontraksi rahim. Namun, apiol juga beracun dalam jumlah tertentu dan sangat berbahaya bagi wanita hamil. Anda tidak boleh minum teh peterseli jika Anda sedang hamil, menyusui, atau memiliki masalah ginjal.

Untuk membuat teh peterseli, cukup tuangkan secangkir air mendidih ke atas beberapa sendok makan peterseli segar dan biarkan terendam selama sekitar lima menit sebelum diminum.

Kunyit

Kunyit adalah obat tradisional lain yang diyakini oleh beberapa orang sebagai ramuan emmenagogue. Ini seharusnya bekerja dengan mempengaruhi tingkat estrogen dan progesteron, meskipun penelitian ilmiah masih kurang.

Anda bisa menambahkan kunyit ke air atau susu dengan bumbu dan pemanis lain dan diminum saat hangat.

Dong quai

Dong quai adalah ramuan asli Tiongkok dan sumber terpercaya obat herbal yang telah digunakan selama ratusan tahun. Ini dianggap membantu menginduksi menstruasi dengan meningkatkan aliran darah ke panggul serta dengan merangsang otot-otot di rahim dan memicu kontraksi rahim.

Itu tadi beberapa makanan yang bisa digunakan sebagai cara mempercepat haid. Untuk mengambil langkah terbaik, konsultasikan selalu kondisi Anda dengan dokter kandungan. 

Baca juga: Telat Datang Bulan? 8 Alasan yang Bisa Bikin Jadwal Haid Terlambat

HEALTHLINE