Pertama Kali Vaksin HPV, Prilly Latuconsina Ingat Julia Perez

Prilly Latuconsina mengenakan Pillow Tabby Coach. dok. Coach

kesehatan

Pertama Kali Vaksin HPV, Prilly Latuconsina Ingat Julia Perez

Kamis, 29 April 2021 21:02 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Prilly Latuconsina menceritakan pengalaman pertamanya vaksin HPV. Vaksin HPV adalah vaksin yang digunakan untuk melindungi tubuh dari infeksi human papillomavirus (HPV). Seperti dilansir alodokter.com, HPV adalah virus yang dapat menyebabkan infeksi kulit, termasuk kutil kelamin. Virus ini dapat menular melalui kontak langsung dengan kulit penderita, terutama ketika berhubungan seksual. Selain infeksi kulit, virus HPV juga dapat menyebabkan beberapa jenis kanker di bagian belakang tenggorokan, pangkal lidah, amandel, dan di organ kelamin, seperti kanker serviks, vulva, vagina, penis, dan anus. Meski tidak dapat mengobati infeksi virus HPV, vaksinasi ini sangat bermanfaat untuk mencegah dan menurunkan jumlah kasus kanker genital, terutama kanker serviks.

Sebelum vaksin, Prilly Latuconsina mengunjungi dokter kandungan untuk menanyakan terkait vaksin itu. "Akutuh kan orangnya nggak bisa yang langsung asal vaksin tiba-tiba gitu kan jadi aku bener-benet tanya dulu sama dokternya vaksin ini bagaimana kerjanya. Kok bisa sih kanker dicegah sama vaksin? Karena kan aku benar-benar awam banget sama kanker serviks," kata Prilly Latuconsina dalam webinar 'Girl Power: Living Life to The Fullest' pada tanggal 27 April 2021.

Prilly Latuconsina baru mengetahui saat dijelaskan dokter tentang kanker serviks yang disebabkan oleh virus. "Pada akhirnya saat itu juga aku langsung vaksin, dan menurut aku itu tindakan yang sangat mudah tapi dampaknya sangat besar," kata Prilly Latuconsina.

Prilly Latuconsina memiliki kedekatan dengan Julia Perez yang pernah meninggal karena kanker seviks. Pada saat Julia Perez masih hidup, Prilly Latuconsina beberapa kali mengunjunginya. "Dia (Julia Perez) yang menyarankan aku untuk cepat-cepat aku vaksin gitu," kata Prilly Latuconsina.

Vaksin kanker serviks ini memiliki dampak yang luar biasa dan memiliki efek kepanjangan. "Karena kanker serviks nih satu-satunya kanker yang bisa dicegah melalui vaksin. Kenapa enggak aku bisa menyampaikan pesan tersebut sehingga banyak generasi seumuran dengan aku yang mungkin enggak sadar," ujar Prilly Latuconsina.

Selain itu, vaksin ini tidak hanya untuk orang yang aktif berhubungan intim, namun setiap perempuan harus untuk melakukan vaksin ini. "Jadi kenapa nggak kita cegah sejak dini sebelum kita aktif berhubungan intim gitu. Apalagi vaksin juga udah bisa dilakukan sedini mungkin dari umur 13 tahun juga udah bisa vaksin gitu," kata Prilly Latuconsina.

Jika kamu seseorang yang aktif berhubungan intim, masih tetap bisa vaksin, namun harus test pap smear terlebih dahulu. Menurut Prilly Latuconsina, harga vaksin setara dengan kita seharian di mall. "Coba kalau kita hitung kita seharian di mall, misalnya nonton bioskop aja udah 100 ribu belum popcornnya 50 ribu, uda 150 ribu, uang bensin 100 ribuan, udah 250 rb. Belum makan kalau makan sushi sekali makan bisa 400 ribuan. Nah seharian di mall itu bisa vaksin kanker serviks yang bisa mengamankan selamanya. Jadi nggak ada alasan sih buat aku kalau misalnya bilang itu mahal gitu karena mahal untuk investasi jangka panjang," kata Prilly Latuconsina.

Disayangkan jika memiliki banyak uang namun tidak memiliki perlindungan diri ataupun perlindungan kesehatan. "Jadi lebih baik mencegah sedini mungkin, dengan harga yang sangat terjangkau tapi itu bisa lindungi kita kedepannya. Serta mencegah kita untuk menghabiskan uang kita cuma-cuma untuk mengobati kita sakit." kata Prilly Latuconsina.

Baca: Hari Film Nasional, Prilly Latuconsina Apresiasi Pekerja Film di Masa Pandemi

NATHASYA ESTRELLA