Berhasil Jadi Film Terbaik Oscar, Simak 4 Fakta Nomadland

Produser Peter Spears, Frances McDormand, Chloe Zhao, Mollye Asher dan Dan Janvey, berpose setelah memenangkan penghargaan untuk gambar terbaik untuk film "Nomadland," pada Oscar ke-93 di Los Angeles, California, 26 April 2021. Chris Pizzello/Pool via REUTERS

ragam

Berhasil Jadi Film Terbaik Oscar, Simak 4 Fakta Nomadland

Selasa, 27 April 2021 13:26 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Academy Awards ke-93 atau ajang penghargaan Piala Oscar memenangkan film Nomadland sebagai best picture atau film terbaiknya. Sang sutradara film itu sendiri, Chloé Zhao, pun menyabet penghargaan internasional itu. Chloe zhao menjadi perempuan Asia pertama memenangkan kategori sutradara terbaik dan Frances McDormand sebagai aktris terbaik.

Berikut beberapa fakta mengenai film Nomadland yang perlu kamu ketahui:

Pertama, Nomadland diadaptasi dari novel karangan Jessica Bruder. Secara garis besar film itu bercerita tentang kehidupan pengembara setelah mengalami kesulitan hidup. Kisah ini diadaptasi dari buku yang berjudul Nomadland : Surviving America in the Twenty-first Century (Nomadland : Bertahan Hidup di Amerika pada abad 21).

Kedua, Frances McDormand menjadi satu-satunya aktris yang profesional di Nomadland. Beberapa pemain lain di film itu bukan pemain profesional dan tidak memiliki pengalaman akting sebelumnya. Pemilihan cast yang cerdas, membuat pemain kelihatan sekali mereka sangat natural, karena sudah benar-benar mengalami sendiri bagaimana hidup mengembara.

Ketiga, syuting Nomadland hanya empat bulan dilaksanakan pada tahun 2018. Chloé Zhao menulis sekaligus mengarahkan film tersebut selama empat bulan saat musim gugur tahun 2018. Pada saat itu Chloe Zhao membagi waktu antara Nomadland dan Eternals (2021) yang sedang digarapnya. Selama syuting Nomadland, Chloe Zhao hanya menggunakan 25 kru saja dan para kru pun tinggal dan hidup dalam mbil Van layaknya yang digambarkan film Nomadland yang bercerita seorang pengembara.

Keempat, sudah memenangkan beberapa penghargaan film sebelum Oscar. Dalam Golden Globe Awards 2021, Nomadland berhasil memenangkan 2 piala dengan kategori film dan sutrdara terbik. Sedangkan dalam penghargaan BAFTA (British Academy of Filn and Television Arts) 2021, Nomadland berhasil memenangkan 4 penghargaan untuk nominasi, sutradara, aktris, sinematografi dan film terbaik. Dan masih banyak lagi penghargaan yang dirai oleh Nomadland.

Baca: Gaya Chloe Zhao Sutradara Film Nomadland di Oscar 2021, Kasual Pakai Sepatu Kets

NATHASYA ESTRELLA | TIME | THEHINDU | NPR