@hagamars2 Bikin Konten Pelecehan Seksual, Zoya Amirin: Bukan Lelaki Sejati

Seksolog Zoya Amirin. TEMPO/Nurdiansah

ragam

@hagamars2 Bikin Konten Pelecehan Seksual, Zoya Amirin: Bukan Lelaki Sejati

Jumat, 23 April 2021 13:57 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta -  Seksolog Zoya Amirin menyayangkan berbagai konten yang disampaikan akun @haga_mars di media sosial TikTok. Menurut Zoya, konten itu adalah bentuk pemilik akun TikTok @hagamars2 tidak menghargai perempuan yang baru melahirkan. "Dengan video tiktok melecehkan macam ini, secara psikologis mempertontonkan maskulinitas yang rapuh jauh dari sikap laki laki sejati!" katanya dalam Instagramnya pada Kamis 22 April 2021.

Zoya mengatakan kejantantanan seorang pria keren salah satunya ditunjukkan dengan menghargai dan menjaga perempuan. Para perempuan ini pun bisa siapa saja. "Bisa menjadi seksi tanpa harus sexist atau melecehkan. Karena empati pakai hati kok gak perlu pinter pinter amat," katanya.

Sebelumnya @hagamars2 membuat beberapa video yang dianggap mesum. Salah satu video yang dikecam adalah saat pemuda ini berpakaian ala dokter kandungan yang baru saja membantu proses persalinan. Netizen mengecamnya karena aktingnya dinilai menjurus ke ekspresi mesum.

Zoya mengingatkan lelaki yang melecehkan proses lahiran macam pemilik akun @hagamars2 ini juga lahir dari tubuh perempuan. "Jika melecehkan perempuan melahirkan membuat kamu merasa keren, saya kasihan pada kamu.... masih muda sudah jadi pelaku pelecehan seksual... siapa yang menyakiti kamu anak muda? Segininya kamu lecehan proses mu lahir ke dunia ini juga... ," kata Zoya Amirin menambah emotikon sedih.

Zoya pun menganggap bahwa akun @hagamars2 juga melakukan pelecehan kepada perempuan yang baru melahirkan & seolah melempar bayi (meski bukan bayi sebenarnya). "TIDAK Pantas dijadikan konten dengan tujuan bercanda atau menyindir apalagi ini BUKANLAH konten Edukasi!" kata Zoya.

Menurut Zoya Amirin, akun pemilik Instagram @haga_mars ini juga melecehkan profesi Dokter Ahli Kandungan & Obgyn laki - laki yang bekerja profesional di bidangnya! Zoya pun memention persatuan dokter juga divisi humas polri terkait akun TikTok @hagamars. "Konten TikTok ini meresahkan perempuan & merupakan normalisasi budaya pelecehan & perkosaan, mohon lakukan sesuatu Pak Polisi," kata Zoya.

Baca: Suka Duka Zoya Amirin Saat Wabah Corona, Dompet Sampai Instagram