3 Film Kartini dari Masa ke Masa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi Hari Kartini. Shutterstock

Ilustrasi Hari Kartini. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selamat Hari Kartini 2021. Masyarakat mengenal sosok Raden Ajeng Kartini sebagai pahlawan nasional Indonesia serta pelopor kebangkitan perempuan di Tanah Air. Kartini memperjuangkan hak-hak perempuan agar setara dengan laki-laki, terutama di bidang pendidikan.

Dalam mengenangnya, sudah ada beberapa film karya anak bangsa yang berkisah tentang sosok Kartini. Berikut 3 film Tanah Air yang memanifestasikan kisah Kartini dalam sudut pandang berbeda di masing-masing filmnya:

1. R.A Kartini (1982)
R.A Kartini adalah sebuah film drama perjuangan Indonesia adaptasi dari buku “Biografi Kartini” yang ditulis Sitisoemandari Soeroto. Diproduksi tahun 1982, film ini disutradarai Sjumandjaja, dan diperankan oleh Yenny Rachman, Bambang Hermanto dan Adi Kurdi.

Berdurasi 165 menit, film R.A Kartini menceritakan perjuangan Kartini saat memperjuangan hak-hak kaum perempuan Indonesia yang kala itu masih dianggap manusia kelas dua setelah laki-laki. Film ini menarasikan ulang saat Kartini mendobrak batas tradisi dan bagaimana usahanya agar perempuan memiliki hak setara laki-laki, terutama dalam fasilitas pendidikan.

Pada Festival Film Indonesia (FFI) 1983, R.A Kartini milik Sjumandjaja ini meraih setidaknya tiga piala citra, di antaranya diperoleh Nani Widjaja (Mas Ayu Ngasirah) untuk kategori pemeran pembantu terbaik, Soetomo GS untuk kategori penata kamera terbaik, dan Sudharnoto untuk kategori penata musik terbaik.

2. Surat Cinta untuk Kartini (2016)
Surat Cinta untuk Kartini merupakan film garapan Azhar Kinoi Lubis yang dirilis pada April 2016. Berangkat dari kisah fiksi berlatar sejarah, film ini menceritakan seorang tukang pos bernama Sarwadi (diperankan Chiko Jeriko) yang jatuh cinta pada sosok Kartini (diperankan Rania Putrisari). Sarwadi digambarkan amat kagum pada sosok Kartini yang berani melawan strandarisasi sikap perempuan kala itu, yang membuatnya banyak dicibir orang sebagai perempuan aneh.

Sarwadi sama sekali tidak terpengaruh oleh cibiran orang tentang Kartini, justru ia terkagum-kagum saat mengetahui Kartini mendirikan sekolah bagi kaum perempuan bumiputra, agar perempuan memiliki hak dalam akses pendidikan. Namun Sarwadi harus merasakan patah hati saat mengetahui Kartini dilamar oleh Bupati Rembang yang sudah beristri tiga.

3. Kartini (2017)
Kartini yang dirilis 2017 lalu merupakan film garapan Hanung Bramantyo dan jadi film ke tiga Kartini yang tayang dilayar perfileman. Diperankan Dian Sastrowardoyo, Deddy Sutomo, Christine Hakim, Acha Septriasa, Ayushita, Reza Rahadian dan Adinia Wirasti, film Kartini berkisah tentang bagaimana Kartini (diperankan Dian Sastro) menyaksikan ibunya sendiri yang bernama Ngasirah terbuang dari rumah, sebab tak memiliki darah nigrat, bahkan ibunya dijadikan sebagai pembantu.

Berdurasi 122 menit, film ini menyongsong kisah ikonik Kartini saat memperjuangkan hak-hak perempuan, agar setara dengan laki-laki. Ia juga menyetarakan hak bagi semua orang, baik bergelar nigrat maupun rakyat biasa. Dikisahkan Kartini bersama kedua saudarinya Roekmini (diperankan Acha Septriasa) dan Kardinah (diperankan Ayushita) berjuang mendirikan sekolah untuk kaum miskin, dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk semua masyarakat Jepara.

Kira-kira film Kartini mana yang sudah pernah Anda tonton?

Baca: Suzy Hutomo Saat Pandemi, Beri Rasa Aman ke Karyawan dan Semakin Peduli Sesama

DELFI ANA HARAHAP

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."