5 Pekerjaan Freelance yang Bisa Dilakukan Akhir Pekan

Belajar untuk lebih disiplin bisa membantu para pekerja freelance untuk lebih produktif dalam bekerja. (Canva)

karir

5 Pekerjaan Freelance yang Bisa Dilakukan Akhir Pekan

Rabu, 7 April 2021 23:49 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, JakartaPekerjaan freelance semakin populer di saat pandemi. Banyak perusahaan yang merumahkan pekerjanya, bahkan tidak sedikit perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Situasi pandemi telah mendorong banyak pekerjaan dari berbagai perusahaan yang dulunya bersifat tetap berubah menjadi pekerjaan freelance (atau paruh waktu).

Perlu tahu, tidak semua pekerjaan freelance itu harus dilakukan di hari-hari kerja. Ada banyak pekerjaan freelance yang bisa dilakukan cukup di akhir pekan saja. Memang sih, banyak orang akan memilih akhir pekan sebagai waktu untuk beristirahat. Tapi, kalau waktu senggang akhir pekan kamu kosong dan ingin menjadi lebih produktif, bisa dicoba loh pekerjaan freelance Sabtu Minggu.

Tidak semua pekerjaan freelance Sabtu Minggu itu mesti dilakukan di kantor, toh sekarang banyak yang mengenalkan remote working. Selain itu, ada juga jenis-jenis pekerjaan freelance yang situasional, atau berdasarkan momen acara tertentu.

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan freelance di akhir pekan yang bisa dicoba:

1. Berjualan di acara bazar atau event tertentu

Sudah pasti banyak acara bazar atau event yang diadakan di kala akhir pekan. Ini adalah cara paling mudah untuk mencari pekerjaan freelance. Kamu bisa mencoba untuk berjualan sesuatu ataupun membantu kerja acara bazar atau event tersebut. Agar tidak kerepotan, untuk memulai bisa mencari acara bazar atau event yang paling dekat dengan tempat tinggal.

2. Penulis artikel

Di era internet seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang membutuhkan profesi penulis artikel atau content writer. Mulai dari konten website perusahaan, media ataupun berbagai artikel SEO. Berbagai situs yang menawarkan informasi pekerjaan terkadang membuat tawaran-tawaran soal ini. Kamu bisa juga mencarinya melalui media sosial.

3. Tutor atau pengajar privat

Jika kamu suka dengan pekerjaan menjadi tutor atau pengajar berbagai keahlian khusus, bisa mencoba yang satu ini. Mulai dari soal bahasa asing, pengolahan data komputer, desain grafis hingga kursus-kursus pelajaran sekolah. Tidak perlu ragu mencobanya. Bisa memulai dari keahlian utama yang kamu miliki.

4. Ikut dalam survei online terbatas

Tidak jarang banyak perusahaan marketing ataupun pengembangan bisnis yang mencari calon responden untuk menguji produk mereka. Kamu bisa mengambil kesempatan ini. Toh, pekerjaan ini tidak akan menguras waktu kamu. Cukup ambil disaat kamu senggang di akhir pekan.

5. Bisnis atau jualan online

Pekerjaan freelance yang satu ini mungkin yang paling mudah. Cukup bermodalkan ponsel dan internet kamu bisa memulai bisnis atau jualan online. Tidak perlu takut dengan modal awal, karena kamu bisa memulainya dengan menjadi reseller (penjual penghubung) dari berbagai produk yang ada di marketplace. Hitung-hitung kamu bisa belajar mengelola bisnis dari sini.

Baca juga: 7 Tip Buat Para Freelancer Agar Tetap Termotivasi dan Fokus Selama WFH