2 Cara Membuat Slime Tanpa Boraks

ilustrasi slime mainan anak-anak. Pixabay.com/Jammie Harington

ragam

2 Cara Membuat Slime Tanpa Boraks

Rabu, 7 April 2021 23:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Slime semakin populer sebagai mainan proyek sains bagi anak-anak. Slime adalah campuran barang-barang rumah tangga yang disatukan seperti zat polimer. Benda ini dapat berfungsi seperti benda padat dan cair, tergantung bagaimana saat dimainkan. Cara membuat slime pun tidaklah merepotkan.

Resep paling umum untuk membuat slime adalah menggunakan boraks. Tetapi, tidak semua orang memiliki boraks yang tersedia di rumah. Untungnya, slime masih bisa dibuat tanpa boraks. Berikut adalah 2 cara membuat slime tanpa boraks.

Oobleck

Bahan:

1½ cangkir (350 ml) air

Pewarna makanan (opsional)

2 cangkir tepung maizena

Cara membuat:

Tambahkan 1 cangkir (250 ml) air ke dalam panci kecil. Panaskan sampai air hangat tapi tidak panas atau mendidih. Jangan gunakan air mendidih karena anda akan menunggu cukup lama hingga dingin sebelum mencampur slime dengan tangan.

Tuang secangkir air hangat ke dalam mangkuk. Tambahkan tiga hingga empat tetes pewarna makanan sampai air menjadi lebih gelap dari yang Anda inginkan. 

Takar 2 cangkir (140g / 500ml) tepung maizena. Tempatkan ke dalam mangkuk berukuran besar yang terpisah.

Kosongkan air berwarna ke dalam mangkuk berisi tepung maizena. Tuang air berwarna secara perlahan. Gunakan jari anda untuk mencampurkan semua bahan. Haluskan hasil campuran tersebut hingga menjadi seperti pasta kental. Jika dirasa kurang dan masih encer, anda bisa menambahkan lebih banyak tepung maizena. 

Untuk berkreasi, anda dapat menambahkan item tertentu dari mainan anak yang dipunya, seperti cacing karet, serangga plastik atau bola mata. Masukkan slime ke dalam kantong plastik. Tutup tas dengan baik untuk mengawetkannya.

Slime yang dapat Dimakan

Bahan:

14 oz. kaleng susu kental manis

1 sendok makan (14 gram) tepung jagung

Pewarna makanan (opsional)

Cara membuat:

Tuang susu kental manis kaleng ke dalam panci.

Tambahkan 1 sendok makan (14 gram) tepung maizena ke dalam susu kental manis. Kecilkan api dan biarkan mendidih. Aduk terus.

Angkat campuran dari api saat sudah mengental. Tambahkan pewarna makanan. Tambahkan sebanyak yang anda butuhkan untuk mencapai warna yang anda inginkan.

Biarkan slime menjadi dingin. Setelah dingin, anda bisa memainkan (atau memakannya). Ingatlah bahwa ini mungkin menodai pakaian atau karpet yang berwarna lebih terang. Jika sudah, selesailah slime yang anda buat ini.

Cara membuat slime tanpa boraks diatas bisa menjadi pilihan anda untuk berkreasi dengan anak selama di rumah atau liburan. 

Baca juga: Cara Aman Anak Bermain Slime serta Cara Membuatnya

CNET | WIKIHOW