Mengusung Ecoprint, Inen Signature Hadirkan Koleksi Secang Enchantment

Inen Signature Hadirkan Koleksi Secang Enchantment

mode

Mengusung Ecoprint, Inen Signature Hadirkan Koleksi Secang Enchantment

Sabtu, 3 April 2021 22:19 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Istilah 'Menjaga bumi dan mencintai bumi' diwujudkan oleh brand Inen Signature yang bertajuk Secang Enchantment dalam bentuk mengolah kain dengan cara ecoprint. Paduan kain rayon viscose yang terjalin dari serat alami dari kayu eucaplytus dan acacia, menyatu dengan langkah olah kain ecoprint.

Inen Signature menampilkan 10 koleksi anyar yang menggunakan bahan dari serat alami dan ramah lingkungan. Bertema Secang Enchantment, Inen menyatukan ecoprint dengan kain berbahan serat viscose-rayon APR serta menggunakan pewarna alami berupa kayu Secang dan 10 macam daun dalam menghasilkan koleksi yang feminin.

Baca: Istimewanya Batik Ecoprint di Kampung Brontokusuman Yogyakarta

Ecoprint, yaitu olah kain menggunakan kain serat alami sebagai media, dengan kayu-kayuan, akar, daun, buah sebagai pewarna alami. Motif akan tercipta dari warna dan bentuk alami dari daun, batang, bunga, getah juga bagian tumbuhan lainnya.

Hadir dalam rangkaian koleksi terbaru, kayu secang sebagai pewarna alaminya dan dipilih satu macam daun dalam 1 satu tampilan busana. 10 macam daun yang kami gunakan adalah daun Lanang, Kiara Payung, Jarak Wulung, Jarak Hijau, Cemara, Truja, Ipomea, Sirsa, dan Jarak Kepyar.

Pemilihan kayu secang, terinpirasi pada kondisi pandemi, dimana secang adalah bahan alami yang biasa digunakan sebagai minuman kesehatan dan banyak dikonsumsi dalam wedang uwuh dan wedang secang. Sebagai pewarna alami, pohon secang banyak tumbuh di Indonesia dan tidak termasuk pohon langka, hingga ketersediannya begitu melempah. Warna alami yang dihasilkan oleh kayu secang juga adalah satu pewarna yang menjadi kesukaan banyak orang.

Desain feminin, lambaian keindahan dan kelembutan dari kain viscose rayon menjadikan sentuhan utama pada koleksi yang kami tampilkan. Tiap sentuhan motif dari daun yang digunakan, memiliki karakter yang berbeda-beda dan melekat kuat pada kain serat alami ini.

Dilengkapi dengan konsep zero waste dalam teknik pembuatan obi dan asesoris pendukung, dengan memanfaatkan sisa-sisa kain dari proses penjahitan baju, menjadi produk baru lagi.

Ecoprint adalah salah satu solusi kita dalam menjaga bumi. Tanpa pewarna sintetis yang limbahnya terasa cukup berat untuk diterima oleh lingkungan dan ekosistem di dalamnya.

Gerakan menanam yang kerap digaungkan oleh para ecoprinter saat ini, walaupun dalam area tanam yang sempit beraneka macam pohon telah ditanam di lingkungan rumah masing-masing serta beberapa area kebun dan hutan ecoprint mulai dirintis.