Mau Punya Desain Kamar Minimalis? Perhatikan Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Kinanti Munggareni

google-image
Desain kamar minimalis dikenal dengan keseimbangan dan keindahan yang disederhanakan. (Pexels/Dmitry Zvolskiy)

Desain kamar minimalis dikenal dengan keseimbangan dan keindahan yang disederhanakan. (Pexels/Dmitry Zvolskiy)

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaGaris yang rapi, reduktif, rapi, monokromatik, kesederhanaan. Slogannya “less is more". Itu adalah beberapa istilah dan konsep yang langsung muncul di benak saat orang memikirkan gaya desain kamar minimalis.

Ya benar. Gaya desain interior minimalis sangat mirip dengan desain interior modern. Kuncinya adalah penggunaan hal-hal mendasar untuk menciptakan ruang yang sederhana dan rapi. Ini ditandai dengan kesederhanaan, garis bersih, dan palet monokromatik dengan warna yang digunakan sebagai aksen.

Biasanya desain seperti ini menggabungkan denah lantai terbuka, banyak cahaya, dan furniture fungsional. Selain itu, desain interior minimalis juga berfokus pada bentuk, warna, dan tekstur dengan segelintir elemen penting.

Bagaimana cara mewujudkannya? Tips berikut ini mungkin bisa berguna.

Rapihkan rumah Anda

Salah satu yang paling mudah adalah cek dan lihat kembali isi rumah Anda. Hidup di tempat yang bersih dan bersih bukan hanya minimalis, tapi juga sehat. 

Nah, jika Anda memiliki aksesori atau benda lain di sekitar yang hanya berdebu, pertimbangkan untuk menyumbangkannya. Hal yang sama berlaku untuk foto lama dengan bingkai yang sudah ketinggalan zaman. Coba gabungkan mereka ke dalam bingkai digital, atau letakkan di bingkai yang serasi dan buatlah jadi semacam dinding galeri. 

Jangan salah, saat Anda bersih-bersih rumah itu, tanpa sadar Anda akan segera merasakan kehidupan baru bernapas ke dalam ruangan.

Rampingkan Furnitur Anda

Apakah Anda membutuhkan setiap perabot di setiap ruangan? Jika ada patung tidak berguna dan kesepian yang menunggu di sudut untuk tamu yang tidak ada, keluarkan. Apakah meja kopi Anda terlalu besar? Coba ganti dengan yang lebih kecil. Setiap perabot yang Anda keluarkan atau perkecil ukuran akan membuka ruang.

Sederhanakan Skema Warna Anda 

Lihat sekeliling ruangan. Apakah aksesori, karya seni, permadani, perawatan jendela bahkan furnitur, ada berapa warna? Sederhanakan skema warna Anda dengan menghilangkan warna asing dan menyimpannya menjadi dua atau tiga warna.

Cobalah melapisi warna yang sama dalam potongan bertekstur berbeda; misalnya, meletakkan bantal wol abu-abu di atas sofa abu-abu. Atau, jika Anda sudah memiliki ruangan netral, tambahkan semburat warna untuk titik fokus artistik.

Fokus pada Fungsi

Fokus sebuah ruangan seringkali tercipta dari furnitur dan aksesoris yang ada di dalamnya. Lakukan saja dengan perabot yang menambah fungsi, seperti lampu tidur yang bagus di atas meja di samping tempat tidur atau perabot berwarna cerah.

Saat memilih gaya desain kamar minimalis, tanyakan pada diri Anda soal perabotan atau benda apapun yang ada: Apakah ini mutlak diperlukan? Ini karena ruang minimalis dikenal dengan keseimbangan dan keindahan yang disederhanakan. 

Baca juga: 7 Tips Dekorasi Perpustakaan di Rumah, Mulai dari Warna Cat hingga Furnitur

ELLEDECOR | TARKETT | MYMOVE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."