Manfaat Push Up dan Cara Melakukannya dengan Benar

Manfaat push up dapat dicapai setelah melakukannya selama rutin dalam beberapa pekan. (Pexels/ Ivan Samkov)

kesehatan

Manfaat Push Up dan Cara Melakukannya dengan Benar

Senin, 29 Maret 2021 23:39 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, JakartaApapun pilihan olahraga kebugaran yang Anda sukai, besar kemungkinan tidak akan asing dengan push-up. Meski tekniknya sederhana, ada sejumlah manfaat push up yang bisa didapat dari melakukannya.

Push up mengandalkan kekuatan tubuh dan motivasi yang besar. Gerakannya sangat khas dan klasik, tidak hanya untuk mengaktifkan otot-otot di lengan dan bahu, tapi juga menggunakan otot-otot inti dan kaki. Secara keseluruhan push up adalah jenis latihan yang membuat seluruh tubuh bergerak secara efektif.

Sementara kebanyakan orang berpikir tentang push-up untuk dada mereka, sebenarnya gerakan ini adalah latihan seluruh tubuh yang efektif, kata Herbst, seperti ditulis Business Insider. Setidaknya, latihan push-up yang efektif dan benar akan mampu melatih kelompok otot berikut ini:

  • Trisep dan bisep
  • Otot dada (dada)
  • Bahu
  • Lats (otot latissimus dorsi, terletak di punggung Anda)

Menariknya lagi, push-up juga dapat membantu seseorang mengolah six-pack, asalkan dilakukan dengan benar.

Tapi apa saja sebenarnya manfaat push up?

  1. Kekuatan dan stabilitas tubuh bagian atas dan inti

Pentingnya tubuh bagian atas dan inti yang lebih kuat dan lebih stabil akan melindungi bahu dan punggung bawah dari cedera. Push-up yang rutin dan dilakukan dengan benar bakal membuat tulang belakang seseorang itu lebih baik. 

  1. Postur tubuh yang lebih oke

Lupakan rasa minder soal tubuh yang tidak tegak dan sehat. Push-up yang rutin dan dilakukan dengan benar bakal membuat postur tubuh yang lebih tegak, menurut temuan penelitian dalam Journal of Physical Therapy Science .

  1. Baik untuk kesehatan kardiovaskular 

Orang yang melakukan latihan push up, setidaknya satu jam per minggu, bakal mengalami risiko serangan jantung atau stroke 40-70 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak, menurut sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise

  1. Menambah rasa kepercayaan diri (mood booster)

Terkadang manfaat terbesar dari hasil latihan yang disiplin adalah bukan sekedar hal-hal yang terlihat di tubuh. "Begitu Anda mulai melakukan push-up, terutama sebagai seorang wanita, Anda akan merasa lebih percaya diri," seperti ditulis Womenshealthmag. Rasa pencapaian dari hasil latihan bisa jadi mempengaruhi cara kita tampil dalam setiap aspek kehidupan. Bahkan, oke juga sebagai mood booster loh!.

Untuk melakukan push up yang efektif, perlu teknik yang tepat. So, bagaimana teknik push-up untuk pemula? Bisa ikuti tips berikut ini.

  1. Tahan tubuh Anda dalam posisi papan, dengan tulang punggung dan lengan lurus. 
  2. Saat Anda mendorong ke atas dan ke bawah, lakukan rentang gerakan yang baik, tekuk siku hingga 90 derajat setiap kali.
  3. Mulailah push up dengan lambat. Lakukan 2 set push-up 2 hingga 3 kali seminggu. Untuk wanita, setidaknya bisa memulai dengan target 4 hingga 8 repetisi per set.

Jika itu berhasil, setidaknya dua hingga tiga sesi seperti ini selama beberapa minggu, tanda-tanda hasil positif manfaat push up mungkin sudah bisa terlihat.

Baca juga: 6 Olahraga yang Bisa Jadi Pilihan Para Penderita Penyakit Asma

MEDICAL NEWS TODAY | WOMEN HEALTH | BUSINESS INSIDER