Intip Perjalanan Karier Abena Appiah Miss Grand International 2020

Abena Appiah dinobatkan sebagai Miss Grand International 2020 di Thailand, Sabtu, 27 Maret 2021. (Instagram/@missgrandinternational)

karir

Intip Perjalanan Karier Abena Appiah Miss Grand International 2020

Minggu, 28 Maret 2021 22:20 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Abena Appiah, Miss Grand Amerika Serikat 2020 dinobatkan sebagai Miss Grand International 2020 di Thailand pada Sabtu, 27 Maret 2021. Nama Abena tak asing di kontes kecantikan. Ia telah lama malang melintang di sejumlah ajang kecantikan lain.

Ia mewakili Ghana di kompetisi Miss Universe 2014. Setahun sebelumnya, ia berkompetisi di kompetisi Top Model of the World. Pada 2016, pemegang kewarganegaraan ganda itu memenangkan kontes Queen Beauty Universe.

Pada 2019, ia juga ikut Miss Earth yang diselenggarakan di Filipina. Saat itu, perempuan bernama lengkap Evelyn Abena Appiah, masih mewakili Ghana. 

Berdasarkan profil di Miss Grand International, Abena adalah terapis musik yang menangani anak-anak berkebutuhan khusus. “Saya memanfaatkan musik sebagai bentuk terapi yang membimbing mereka untuk mempelajari kecakapan hidup,” katanya, seperti dilansir dari Rappler, Ahad, 28 Maret 2021. 

Tak berhenti di situ saja, Abena juga pernah berkarier sebagai pramugari yang spesialisasinya membantu anak-anak mengatasi ketakutan untuk terbang melalui simulasi penerbangan. 

Perempuan berusia 27 tahun itu juga bekerja sebagai manajer kasus di sebuah perusahaan mediasi dan arbitrase di Ghana menjalankan sekolah yang membantu wanita muda mengembangkan keterampilan untuk industri hiburan. Ia mengungkapkan berencana untuk membuka sebuah cabang di Amerika Serikat pada akhirnya.

“Tujuan akhir saya adalah untuk menciptakan sebuah organisasi yang membantu individu merasa percaya diri setelah menderita intimidasi parah,” imbuhnya.

Bekal pengalaman Abena di ajang kecantikan internasional membuat ia tampil percaya diri dan penuh keyakinan di malam final Miss Grand International 2020. Bagian dari pidatonya dan tanggapan tanya jawabnya dalam bahasa Thailand juga memberinya poin plus dari penonton setempat. 

Sarjana sains dan komunikasi itu juga bergabung dengan X-Factor pada 2012. Dengan menggunakan nama Abena Akuabi, ia telah memiliki setidaknya tiga single di platform streaming Spotify. Hampir semua dari tiga single-nya berkaitan dengan advokasinya - memerangi penindasan dan mempromosikan kesadaran lingkungan.

Abena Appiah juga dikenal vokal soal memerangi perundungan. Ia pernah menceritakan soal perundungan dan pelecehan yang ia dapatkan dari para pendidik dan bahkan rekan kerja. Menurutnya, pelecehan itu membuatnya meragukan kemampuannya sendiri.

Baca juga:

Kisah di Balik Gaun Aurra Kharisma di Miss Grand International, Butuh 10 Pemayet

SILVY RIANA PUTRI | MILA NOVITA