4 Cara Menghilangkan Gigi Kuning Secara Alami, Buah dan Sayur Bisa Jadi Pilihan

Ilustrasi perempuan tersenyum (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

kecantikan

4 Cara Menghilangkan Gigi Kuning Secara Alami, Buah dan Sayur Bisa Jadi Pilihan

Minggu, 14 Maret 2021 21:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Gigi bernoda dapat terjadi seiring bertambahnya usia, tetapi beberapa makanan, minuman, dan bahkan obat kumur yang umum dapat menodai gigi. Cara menghilangkan gigi kuning bisa dilakukan di dokter gigi dengan cara laser. 

Sebelum Anda memutuskan untuk menghabiskan biaya tinggi untuk memutihkan gigi, ada sejumlah cara alami yang bisa Anda coba. 

Berikut deretan cara menghilangkan gigi kuning secara alami.

1. Berkumur dengan minyak kelapa

Ini adalah pengobatan tradisional India yang bertujuan meningkatkan kebersihan mulut dan membuang racun dari tubuh. Biasanya, ini dilakukan dengan menggunakan bunga matahari atau minyak wijen. Namun, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa.

Minyak kelapa menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah mengandung asam laurat dengan kadar tinggi yang dikenal karena kemampuannya mengurangi peradangan dan membunuh bakteri.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa berkumur dengan minyak setiap hari dapat mengurangi bakteri di mulut, plak, dan radang gusi.

Sayangnya, tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa oil pulling memutihkan gigi Anda. Namun, ini adalah praktik yang aman dan patut dicoba. 

Tidak seperti banyak metode pemutihan gigi lainnya, pencabutan minyak kelapa tidak membuat gigi Anda terkena asam atau bahan lain yang mengikis enamel. Artinya aman untuk dilakukan setiap hari. Namun, perlu diperhatikan, cara ini tidak aman bagi penderita alergi kelapa atau minyak kelapa. 

2. Sikat gigi dengan soda kue

Soda kue memiliki khasiat pemutih alami. Ini membuatnya menjadi bahan populer pasta gigi komersial. Soda kue adalah bahan abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda di permukaan gigi.

Selain itu, soda kue menciptakan lingkungan basa di mulut Anda, yang mencegah pertumbuhan bakteri. Meskipun demikian, ilmu pengetahuan belum membuktikan bahwa menyikat dengan soda kue biasa akan memutihkan gigi Anda. 

Untuk mencobanya, campurkan 1 sendok teh soda kue dengan 2 sendok teh air hingga berbentuk pasta. Sikat gigi Anda dengan pasta tersebut. Anda bisa melakukannya beberapa kali dalam seminggu.

3. Gunakan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida adalah zat pemutih alami dan dapat membunuh bakteri di dalam mulut. Anda bisa menggunakannya sebagai obat kumur atau mencampurkannya dengan soda kue hingga berbentuk pasta. 

Hidrogen peroksida adalah zat pemutih alami yang juga membunuh bakteri di mulut Anda. Faktanya, orang telah menggunakan hidrogen peroksida selama bertahun-tahun untuk mendisinfeksi luka karena kemampuannya membunuh bakteri.

Sayangnya, tidak ada penelitian yang menyelidiki efek membilas atau menyikat dengan hidrogen peroksida saja, tetapi beberapa penelitian telah menganalisis pasta gigi komersial yang mengandung peroksida.

Batasi penggunaan pasta buatan sendiri ini menjadi beberapa kali seminggu karena penggunaan yang berlebihan dapat mengikis email gigi Anda.

4. Makan buah dan sayur

Buah-buahan tertentu mungkin memiliki khasiat yang membantu memutihkan gigi. Secara teratur konsumsilah buah dan sayur mentah untuk membantu menghilangkan plak dan menjaga gigi terlihat cerah.

  • Apel: Mengunyah apel saja bisa membantu menggosok gigi. Apel juga memiliki konsentrasi asam malat yang tinggi, yang digunakan dalam beberapa pasta gigi. Asam malat meningkatkan air liur, yang membersihkan gigi dan membantu menghilangkan noda, menurut sebuah studi tahun 2013 yang dilakukan di University of Grenada (Spanyol).
  • Nanas: Nanas adalah satu-satunya makanan yang secara alami mengandung senyawa bromelain-a dengan sifat anti-inflamasi dan pembersihan. Sebuah studi terbaru di International Journal of Dental Hygiene menemukan bahwa bromelain adalah bahan yang efektif dalam pasta gigi penghilang noda.
  • Brokoli: Sayuran hijau ini tinggi serat. Mengonsumsi banyak serat membantu mengurangi peradangan di mulut Anda. Makan brokoli mentah yang renyah dapat membantu membersihkan dan menggosok gigi Anda dan, menurut penelitian di European Journal of Dentistry, zat besi dalam brokoli memiliki manfaat tambahan untuk melindungi gigi Anda dari asam pengurai enamel yang diproduksi oleh bakteri. Ini membantu mencegah noda dan gigi berlubang.
  • Kismis: Penelitian menunjukkan bahwa sereal bekatul dengan kismis membantu membersihkan mulut lebih cepat dibandingkan sereal yang sama tanpa kismis. Mengunyah kismis merangsang air liur, yang membantu mencegah berkembangnya plak, noda, dan gigi berlubang dengan menetralkan lingkungan asam yang diciptakan oleh makanan dan bakteri lain di mulut Anda.
  • Keju: Olahan susu ini membantu menjaga gigi Anda kuat dengan mineral, seperti kalsium dan fosfor, serta protein yang melindungi email gigi. Menurut American Academy of Cosmetic Dentistry, asam laktat dalam keju juga melindungi gigi dari kerusakan. Ditambah lagi, keju keras membantu membersihkan gigi dengan merangsang air liur.
  • Stroberi: Seperti apel, stroberi juga mengandung asam malat, dan memiliki manfaat tambahan ellagitannin, antioksidan yang dapat membantu mengurangi bakteri penyebab noda dan peradangan di mulut.

Meski tampaknya ada banyak cara menghilangkan gigi kuning secara alami, yang terpenting adalah melakukan pencegahan yang bisa jadi penyebab.

HEALTHLINE | EATING WELL