5 Makanan yang Memicu Jerawat, Ada Burger dan Cokelat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan dan makanan. Shutterstock

Ilustrasi perempuan dan makanan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Makanan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk kulit sehat. Bila makanan yang Anda konsumsi sembarangan maka akan terpancar melalui wajah. Tanda kulit yang tidak sehat adalah kusam, kering dan berjerawat dan kemunculan jerawat biasanya dipicu oleh faktor eksternal bersama dengan mengonsumsi asupan gula berlebih, makanan olahan, atau garam yang lebih tinggi.

Dr. Geetika Mittal, dermatolog dari India mengatakan darah terdiri dari hormon yang disebut IGF-1 atau faktor pertumbuhan mirip insulin, yang juga ditemukan dalam produk susu. Hormon itu berkontribusi pada perkembangan jerawat dengan membuat sel-sel kulit tumbuh lebih cepat dan meningkatkan produksi sebum.

Berikut beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah, dilansir Indian Express, Sabtu, 6 Maret 2021.

1. Cokelat

Sesekali menikmati sebatang coklat tidak menimbulkan jerawat. Namun, menurut sebuah penelitian di Australia, cokelat diketahui dapat meningkatkan respons insulin tubuh yang pada gilirannya menyebabkan jerawat.

2. Edamame/kacang kedelai Jepang

Alasan mengapa makanan ini tidak cocok untuk semua orang adalah karena mengandung estrogen dalam jumlah tinggi yang dapat memicu jerawat, terutama pada mereka yang sudah memiliki kadar estrogen yang lebih tinggi di tubuh mereka. Tidak hanya itu, komponen ini juga mengurangi sebagian besar penyerapan vitamin.

3. Makanan cepat saji berminyak

Makanan kaya lemak atau minyak seperti burger, pizza, soda dan lainnya dapat meningkatkan risiko kulit berjerawat. Sebab makanan seperti itu mengubah tingkat hormon yang ada di tubuh kita yang berubah menjadi jerawat.

4. Makanan manis

Pemanis seperti sirup maple atau karbohidrat olahan dengan cepat diserap oleh tubuh. Hal ini menyebabkan peningkatan kadar gula dan turut menyebabkan timbulnya jerawat.

5. Gluten

Ditemukan dalam gandum, gandum hitam, dan biji-bijian lainnya, gluten adalah sekelompok protein. Meskipun tidak ada bukti atau penelitian konstruktif bahwa gluten memicu jerawat, sebaiknya hindari jika Anda memiliki alergi gandum atau penyakit celiac, di mana lapisan dalam perut meradang.

Baca juga:

Usai Vaksin Covid-19, CDC Sarankan Konsumsi Makanan Berikut

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."