5 Cara Atasi Kecanduan Ponsel, Coba Tema Hitam Putih dan Kurangi Aplikasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan mengirim pesan di ponsel. Unsplash.com/Daria Nepriakhina

Ilustrasi perempuan mengirim pesan di ponsel. Unsplash.com/Daria Nepriakhina

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Intensitas penggunaan ponsel memang erat kaitannya dengan aktivitas sehari-hari di era digital ini. Tapi jangan sampai kita mengalami kecanduan ponsel sebab bisa berisiko untuk kesehatan.

Penelitian di Inggris menunjukkan kecanduan ponsel pintar atau smartphone dapat berdampak pada kualitas tidur, terutama bagi kalangan muda. Hasil penelitian gabungan antara peneliti King’s College London dan Universitas London menunjukkan penggunaan ponsel pintar pada waktu malam, terutama setelah pukul 01.00, menyumbang peningkatan risiko kurangnya kualitas tidur sebanyak tiga kali lipat.

Penyebabnya penggunaan smartphone yang berlebihan dapat mengurangi durasi tidur sehingga berdampak pada kelelahan ketika bangun dan beraktivitas saat pagi hingga siang hari. Tidak hanya itu, penggunaan ponsel pintar saat mendekati jam tidur berdampak pada penundaan ritme sirkadian yang mengatur waktu bangun dan tidur tubuh.

Untuk mengurangi dampak dari kecanduan ponsel pintar bagi kualitas tidur, berikut sejumlah tips yang bisa dilakukan menurut para ahli.

1. Jadwalkan waktu penggunaan ponsel

Tentukan waktu untuk menggunakan ponsel setiap hari, misalnya dengan menonaktifkan ketika sedang dalam pertemuan, makan, bermain dengan anak, dan menyetir. Lakukan hal yang sama ketika hendak tidur.

2. Kurangi aplikasi

Pengurangan jumlah aplikasi pada ponsel pintar bisa membantu mengurangi kecanduan. Gunakan aplikasi yang berada di laptop untuk mempersulit akses pada aplikasi tertentu, seperti media sosial.

3. Gunakan mode hitam putih

Beberapa ahli menyarankan menggunakan mode hitam putih agar menimbulkan rasa bosan ketika melihat layar ponsel.

4. Cari alternatif 

Mencari pengganti penggunaan ponsel pintar sangat dibutuhkan, terutama dalam mengurangi kecanduan dan meningkatkan kualitas tidur. Contohnya adalah dengan melakukan meditasi, membaca buku, dan aktivitas lain yang dapat mengalihkan dari ponsel.

5. Letakkan ponsel jauh dari tempat tidur

Kalau pun ternyata masih harus menggunakan ponsel untuk keperluan alarm, letakkan pada jarak yang jauh dari tempat tidur. Tapi sangat disarankan untuk menggunakan jam alarm untuk membantu bangun.

Baca juga:

Cegah Anak Kecanduan Gawai saat Liburan, Ini 7 Tips dari Dokter

 
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."