Penat karena WFH dan Ingin Puasa dari Ponsel, Lakukan 5 Kegiatan Berikut

Ilustrasi perempuan mengirim pesan di ponsel. Unsplash.com/Daria Nepriakhina

ragam

Penat karena WFH dan Ingin Puasa dari Ponsel, Lakukan 5 Kegiatan Berikut

Senin, 24 Agustus 2020 11:49 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Bekerja dari rumah atau WorK From Home (WFH) membuat seseorang sulit membedakan kapan bekerja dan kapan istirahat. Sudah sekitar lima bulan sebagian pekerja melakukan WFH di masa pandemi Covid-19.

Saat WFH, tentu kamu tak bisa jauh dari komputer dan ponsel. Semua informasi, tugas, dan rapat diperoleh dari dua perangkat itu.

Jika kamu ingin jeda sejenak dari kepenatan selama WFH, maka jauhkan diri dari ponsel dan laptop. Berhenti menggunakan laptop mungkin lebih mudah ketimbang berhenti memakai ponsel. Jika kondisi penggunaan laptop kurang mendukung, misalkan mengoperasikan komputer jinjing di atas kasur, maka kita akan berhenti saat tubuh terasa pegal atau ketika pekerjaan telah selesai.

Lain halnya dengan pengoperasian ponsel yang bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Sambil tiduran, makan, olahraga, bahkan ke kamar mandi pun, ada orang yang tetap membawa dan menggunakan ponselnya.

Mengutip laman India Times, berikut cara rehat sejenak dari ponsel. Siapa tahu metode ini manjur untukmu.

  1. Makan enak

    Ketika kamu berhadapan dengan makanan yang lezat, maka hargai dan nikmati momentum ini. Hanya ada kamu dan makanan itu. Jauhkan ponsel dari tanganmu. Terlebih jika cara menyantap makanan itu paling enak langsung dengan tangan. Jika jarimu belepotan sambal atau lauk, tentu kamu tak ingin bumbu makanan itu menempel di ponselmu.

  2. Bepergian

    Coba sekali-kali keluar rumah tanpa membawa ponsel. Biarkan dirimu bebas menikmati suasana selama perjalanan, meski hanya keliling kompleks atau ke pasar. Apalagi jika kamu bepergian dengan teman dan semua kompak tidak membawa ponsel. Tentu perjalananmu akan menyenangkan dan interaksi dengan teman kian lekat. Kalau ingin foto-foto, bawalah kamera saja.

  3. Olahraga

    Pilih olahraga yang tidak memegang ponsel, misalkan berenang, bermain sepakbola, bulu tangkis, tenis, basket, dan voli. Dengan begitu, kamu bisa melepaskan diri dari ponsel meski hanya sebentar.

  4. Membaca

    Membaca di sini tentunya bukan membaca artikel atau buku dari ponsel atau tablet ya. Baca dari buku, majalah, atau bahan bacaan manual lainnya. Rasakan ketika jemarimu membuka lembar berikutnya hingga selesai. Kemudian 'buk', itulah suara melegakan saat buku ditutup tanda tuntas membaca.

  5. Bercengkerama dengan keluarga

    Hargailah orang di sekitarmu dengan berbincang bersama mereka. Jangan buang waktu berharga saat kumpul dengan keluarga atau teman demi ponsel. Segala sesuatu yang ada di ponsel bisa menunggu, tapi mereka yang ada di hadapanmu tidak.

YAYUK WIDIYARTI