Studi: Latihan Interval Lebih Efektif Bakar Lemak untuk Menurunkan Berat Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita olahraga. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi wanita olahraga. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Olahraga tak hanya bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh, tapi juga bisa menurunkan berat badan. Beragam jenis olahraga yang disarankan untuk membantu pembakaran kalori seperti jalan kaki hingga latihan kardio. Akan tetapi, para ahli meyakini bahwa latihan interval merupakan pilihan yang paling efektif untuk membakar lemak.

Latihan interval adalah olahraga berintensitas tinggi dalam waktu pendek dan diulang-ulang. Menurut para peneliti di Inggris yang menganalisis lebih dari 786 subjek yang diterbitkan dalam The British Journal of Sports Medicine diungkapkan bahwa latihan interval bisa membakar lebih banyak lemak daripada olahraga lainnya, asalkan disertai kebiasaan gaya hidup sehat dan konsumsi makanan kaya gizi.

Melansir laman Times of India, Rabu, 24 Februair 2021, para peneliti menyatakan bahwa latihan interval dan pelatihan berkelanjutan intensitas sedang membantu mengurangi persentase lemak tubuh. Latihan interval membantu pengurangan total massa lemak 28,5 persen lebih besar dibandingkan latihan lain.

Ini bukan studi pertama atau satu-satunya yang memaparkan manfaat latihan interval untuk mengurangi berat badan. Contohnya, dalam studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine dijelaskan High-Intensity Interval Training (HIIT) dapat membantu mengurangi massa lemak total, perut, dan viseral baik pada pria maupun wanita.

Aktivitas fisik yang singkat dan intens, dipasangkan dengan interval istirahat cepat diketahui dapat meningkatkan metabolisme, mengurangi resistensi insulin, dan meningkatkan fungsi jantung. Para ahli top di dunia kebugaran bahkan telah menyatakannya sebagai salah satu latihan paling efektif.

Menurut sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam International Journal of Exercise Science, sesi latihan HIIT cepat yang berlangsung selama 11 menit dan terdiri dari lima gerakan berat badan bisa seefektif latihan lainnya. Studi ini mengadopsi "The 5BX plan" dari Dr Bill Orban, yang dirancang untuk anggota angkatan udara Kerajaan Kanada pada akhir 1950-an. Latihannya terdiri dari lima latihan beban tubuh termasuk burpees, high knees, split squat jump, high knees, dan squat jump.

Berdasarkan pemaparan studi di atas, latihan interval dipercaya lebih efektif dan lebih cepat membakar lemak ketimbang latihan lainnya. Ini bisa jadi pilihan bagi orang yang merasa sulit meluangkan waktu dari jadwal sibuk mereka untuk berolahraga. 

Baca juga:

Hati-hati, Olahraga Berlebihan Bisa Memicu Nyeri, Cemas, dan Sulit Tidur

TIMES OF INDIA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."