Selain Gong Xi Fa Cai, Ini 5 Ucapan Imlek yang Bisa Kamu Gunakan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Kinanti Munggareni

google-image
Seorang wanita memilah-milah jimat keberuntungan untuk Tahun Sapi menjelang Tahun Baru Imlek di tengah pandemi COVID-19 di Chinatown di Manila, Filipina, 11 Februari 2021. REUTERS/Eloisa Lopez

Seorang wanita memilah-milah jimat keberuntungan untuk Tahun Sapi menjelang Tahun Baru Imlek di tengah pandemi COVID-19 di Chinatown di Manila, Filipina, 11 Februari 2021. REUTERS/Eloisa Lopez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahun baru Imlek adalah perayaan yang telah berusia berabad-abad. Acara yang juga dikenal sebagai festival musim semi ini memiliki banyak tradisi, salam, dan mitos.

Hari raya ini lahir dari mitos Nian (kosakata Cina yang juga berarti "tahun") binatang buas yang akan muncul setiap malam tahun baru dan menyerang penduduk desa. Legenda mengatakan bahwa untuk menakut-nakuti binatang itu, penduduk desa memasang spanduk merah serta meledakkan petasan dan genderang.

Tradisi tahun baru Imlek dirayakan berbeda-beda di setiap komunitas Tionghoa. Namun secara umum perayaan Imlek melibatkan kembang api, reuni keluarga dan pesta, serta memberi penghormatan kepada leluhur. 

Tapi kemeriahan tahun baru Imlek 2021 jelas akan berbeda di tengah dunia yang sedang dilanda pandemi. Meski demikian, orang-orang yang merayakannya selalu percaya, bahwa tahun baru adalah kesempatan untuk mempersiapkan rezeki dan keberuntungan di tahun mendatang.

Kesempatan itu diwujudkan dalam harapan baik dan salam keberuntungan berlimpah. Berbagai ucapan terkait perayaan Imlek telah diwariskan selama berabad-abad, sebagai cara untuk mengucapkan selamat kepada keluarga dan teman-teman untuk menyambut tahun yang baru. 

Berikut beberapa ucapan Imlek yang bisa kamu kirimkan untuk teman dan kerabatmu:

xin nián kuài lè, wàn shì rú yì

"Selamat tahun baru, semoga semuanya berjalan sesuai keinginan Anda!" 

Ini adalah salah satu ucapan Imlek yang paling umum. Kalimat ini bisa ditujukan kepada tua dan muda, baik untuk kerabat dekat maupun kenalan jauh. Ini menjadi simbol doa dan harapan agar semua berjalan lancar.

gong xi fa cái

"Semoga Anda makmur dan beruntung." 

Tanpa ada ucapan ini, banyak orang menganggap tahun baru belum terjadi. Banyak orang percaya, tahun yang baru berarti rejeki dan keberuntungan yang berbeda. Intinya, semacam harapan agar penerima salam mendapatkan penghasilan yang lebih baik untuk menghidupi keluarga. Baik di wilayah dataran Cina ataupun di seluruh diaspora Cina, ini adalah ucapan salam tahun baru Imlek yang paling banyak didengar.

chun jié kuài lè

"Selamat festival musim semi!" 

Ucapan salam ini diberikan karena sejatinya, Imlek merupakan perayaan musim semi. Kalimat ini mengungkapkan harapan agar musim liburan menjadi musim yang menyenangkan.

xin xiang shì chéng

"Semoga keinginan Anda menjadi kenyataan," 

Tidak ada yang lebih baik daripada percaya bahwa tahun yang baru akan memberi kesempatan bagi kita untuk mewujudkan mimpi jadi kenyataan. Tidak ada salahnya, kan, orang percaya dalam kemeriahan perayaan, segala harapan dan doa yang dipanjatkan bisa benar-benar tercapai di tahun yang baru.

nián nián you yú

Ini semacam pepatah kuno yang berarti "surplus tahun demi tahun". Kalimat ini juga merupakan ungkapan keinginan akan berlimpahnya hal-hal yang baik. Setiap tahun, banyak orang berharap akan ada surplus yang tersisa untuk tahun depan, baik makanan, kebahagiaan, atau peluang.

Ini juga menjelaskan ikan adalah sajian penting saat Imlek. Karakter Cina untuk ikan terdengar seperti karakter "surplus". Mereka yang merayakan Imlek juga punya kebiasaan untuk membiarkan sebagian sisa hidangan atau menyiapkan dua ikan dan menyimpan satu untuk hari berikutnya. Alasannya, sisa makanan mewakili "surplus" untuk tahun depan!

yì fan feng shùn

"Pelayaran lancar"

Apa lagi yang akan kita harapkan selain perjalanan hidup yang lancar? Di momen Imlek banyak orang akan berdoa, menyampaikan salam dan harapan bahwa orang lain akan baik-baik saja dalam menjalani pasang surut kehidupan. Semoga perjalanan orang-orang yang kamu cintai berjalan mulus di tahun mendatang, dengan embusan angin pada layar!

Itu tadi sejumlah ucapan Imlek yang bisa kamu sampaikan ke keluarga, teman, kerabat, dan siapa saja yang merayakan Imlek. Semoga Imlek 2021 membawa kebahagiaan dan kemakmuran.

Baca juga: Imlek 2021, Diramalkan 4 Shio Ini Beruntung dalam Urusan Cinta 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."