Lucid Dream Bisa Singkirkan Mimpi Buruk, Begini Caranya

Ilustrasi wanita tidur dengan makeup. Freepik.com/Lookstudio

kesehatan

Lucid Dream Bisa Singkirkan Mimpi Buruk, Begini Caranya

Selasa, 9 Februari 2021 22:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Mimpi kata orang adalah bunga tidur. Kadang mimpi terasa nyata hingga kita mengingatnya saat terbangun di pagi hari. Mimpi indah bisa membuat kita semangat menjalani hari, sementara mimpi buruk malah bisa membuat kita takut untuk kembali tidur meski masih merasakan kantuk. Tapi ada juga, loh, orang-orang yang mampu mengendalikan mimpinya atau yang sanggup mengalami lucid dream

Menurut Frederik van Eeden, psikiater dari akhir abad ke-19, pengertian lucid dream adalah sebuah keadaan ketika seseorang mampu mengendalikan dirinya dalam mimpi. Dalam tulisannya yang berjudul "A Study of Dreams" (Proceedings of the Society for Psychical Research, Vol. 26, 1913), ia menyebutkan paling tidak ada 9 jenis mimpi, termasuk lucid dream. Jenis mimpi lain yang disebutkan Eeden adalah initial dreams, phatological dreams, vivid dream, dan phantasma. 

Lucid dream adalah salah satu bentuk atau pengalaman mimpi yang cukup langka. Dalam sebuah jurnal terbitan Consciousness and Cognition (2016) disebutkan bahwa 55 persen orang pernah mengalami satu atau lebih selama hidupnya. Namun hanya 23 persen yang mengalami lucid dream satu kali dalam sebulan.

Mimpi sadar sebenarnya punya beragam manfaat. Dengan bermimpi sadar, kamu bisa mengendalikan mimp burukmu karena kamu tahu segala hal tak menyenangkan itu bukan realitas yang sedang kamu jalani. Dikutip dari Healthline, terapi mimpi sadar bahkan digunakan untuk menyembuhkan seseorang dari PTSD atau gangguan stres pascatrauma. 

Sejumlah penelitian juga menyebutkan bahwa lucid dream mampu mengurangi kecemasan. Sementara bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan secara fisik, mimpi sadar bisa digunakan sebagai terapi untuk melatih kembali kemampuan motoriknya.

Lantas bagaimana caranya agar kita bisa merasakan pengalaman mimpi sadar? Ada latihan-latihan yang bisa kamu lakukan:

1. Membuat jurnal mimpi

Kamu bisa mencatat semua mimpi yang kamu ingat setelah bangun dari tidur. Ini akan membantumu untuk mengenali struktur mimpimu. 

2. Menggunakan teknik MILD 

Masih dari Healthline, ada beberapa tahap yang harus kamu lakukan dalam teknik MILD atau Mnemonic induction of lucid dreams ini. Pertama, ketika kamu telah tertidur pikirkanlah mimpimu terakhir yang kamu ingat. Selanjutnya kamu bisa mengidentifikasi tanda mimpi atau sesuatu yang janggal dalam mimpi. Misalnya, kemampuan untuk terbang. Tahap berikutnya, kamu harus berpikir untuk kembali pada mimpi itu. Katakan juga pada dirimu sendiri bahwa "ketika nanti aku bermimpi, aku akan mengingat mimpi itu.

3. Mengaplikasikan teknik Wake back to bed (WBTB)

Caranya, pasanglah alarm 5 jam setelah waktu tidurmu. Tidurlah seperti biasa. Saat alarm berbunyi, bangunlah selama 30 menit dan melakukan aktivitas ringan seperti membaca. Setelah itu kamu bisa kembali tidur.

4. Uji kenyataan saat bermimpi

Caranya hampir mirip dengan Leonardo di Caprio dalam film Inception yang selalu membawa totem kecil untuk membedakan mimpi dan realitas. Ada beberapa objek yang bisa digunakan untuk uji kenyataan dalam mimpi sadar. Yang pertama adalah cermin. Kamu bisa melihat apakah bayanganmu terlihat normal? Kedua, tembok atau benda keras lainnya. Jika kamu sentuh tembok itu menjadi lumer, dapat dipastikan kamu sedang berada dalam mimpi. Objek lainnya adalah tangan, jam, hingga aktivitas bernapas. 

5. Menggunakan teknik WILD

Teknik Wake-Initiated Lucid Dream dilakukan dengan memasuki mimpi saat kamu sedang terbangun. Ya, ini seperti mengondisikan dirimu untuk langsung bermimpi bahkan saat kamu belum tidur. Untuk menggunakan teknik ini kamu harus berbaring santai hingga merasakan yang disebut dengan hypnagogic hallucination atau halusinasi seperti saat kamu baru terlelap. 

Nah, sekarang sudah tahu kan tahapan-tahapan untuk bisa mengalami lucid dream? Silakan pilih, teknik yang termudah menurut kamu.

Baca juga: Jangan Langsung Marah saat Mimpi Pacar Selingkuh, Ini Artinya