Supermodel Rusia Anastassia Khozissova Gugat Ralph Lauren Rp 281 Miliar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Anastassia Khozissova. Foto: Instagram anastassiakhozissova

Anastassia Khozissova. Foto: Instagram anastassiakhozissova

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seorang supermodel Rusia, Anastassia Khozissova mengugat rumah mode Ralph Lauren Corp dan HBO karena menggunakan foto-fotonya tanpa izin. Anastassia Khozissova mengajukan gugatan USD 20 juta atau sekitar Rp 281 miliar pada Senin, 16 November 2020.

Anastassia Khozissova menjelaskan rumah mode Ralph Lauren pernah mendekatinya pada 2004. Saat itu dia menjadi model untuk sejumlah koleksinya, termasuk yang eksklusif tertera dalam buku 'Diary of a Collection'. Hingga sepuluh tahun kemudian, Anastassia menemukan kalau dia sudah tertipu.

Anastassia Khozissova menyebutnya sebagai skema penipuan yang rumit dalam Ralph Lauren Corp yang mengakibatkan dia dipecat. Anastassia sampai mengalami depresi dan krisis karier di industri fashion yang cukup parah.

Ilustrasi toko Ralph Lauren by Reuters

Sementara Anastassia sudah tak lagi bekerja dengan Ralph Lauren Corp, rumah mode itu terus menggunakan foto-fotonya di toko Ralph Lauren di Moskow, Rusia dan Polo Bar 1 di Upper East Side, New York, Amerika Serikat. Termasuk gambar Anastassia yang muncul dalam film dokumenter HBO "Very Ralph". Konten video ini disiarkan dalam layanan streaming.

Anastassia Khozissova mengaku belum mendapat kompensasi atas penggunaan foto-fotonya tersebut. Dia menyatakan, Ralph Lauren Corp. dan HBO menggunakan foto, gambar, film, dan kemiripan lainnya tanpa persetujuannya. Artinya, perusahaan mode itu menggunakan foto-fotonya secara tidak sah.

Dalam satu kesempatan, Wakil Presiden Senior dan Direktur Kreatif untuk pakaian wanita Ralph Lauren Corp., Michel Botbol menyatakan kekagumannya pada Anastassia Khozissova. "Kecantikan Nona Khozissova hanya diimbangi oleh bakatnya yang luar biasa," kata Michel Botbol seperti dikutip dari New York Post.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."