Cara Memiliki Anak Kembar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi bayi kembar baru lahir. shutterstock.com

Ilustrasi bayi kembar baru lahir. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada pasangan yang terobsesi memiliki anak kembar. Sementara peluang punya anak kembar umumnya dapat diperoleh secara genetik. Jadi, jika memiliki silsilah atau anggota keluarga dengan anak kembar, maka kamu juga berpotensi memiliki anak kembar.

Punya anak kembar memang seru. Anak akan memiliki sahabat sejati dari dalam kandungan hingga tumbuh dewasa. Lucu juga ketika mereka mengenakan pakaian yang sama, hobi yang sama, dan belajar bersama. Tentu, orang tua juga harus berbagi tugas agar si kembar mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang sama.

Bagi yang tak memiliki keturunan anak kembar dan ingin memilikinya, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan. Yang pertama adalah berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui keinginan dan peluang memiliki anak kembar.

Ada pula beberapa tips cara memiliki anak kembar seperti dikutip dari laman Boldsky berikut ini:


  • Usia matang


    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa perempuan pada usia matang yang mendekati masa menopause, memiliki kesempatan lebih tinggi untuk hamil anak kembar. Indung telur mereka diduga dapat melepaskan dua telur dalam satu siklus. Namun perlu diperhatikan juga usia lanjut punya risiko lebih besar saat hamil.


  • Mengkonsumsi pil KB


    Konsumsi pil KB yang tidak konsisten dapat memicu hiperovulasi. Hiperovulasi ini dapat meningkatkan peluang mempunyai anak kembar.


  • Asam folat


    Mengkonsumsi suplemen kesuburan, seperti asam folat dapat meningkatkan peluang kesuburan. Asam folat memicu terbentuknya anak kembar karena ovarium dapat melepaskan dua telur. Konsultasikan ke dokter tentang peluang ini.


  • Susu, singkong dan akar maca


    Wanita yang banyak minum susu dan umbi-umbian, seperti singkong, ubi, dan kentang memiliki zat yang memicu hiperovulasi. Hiperovulasi ini meningkatkan peluang memiliki anak kembar. Tapi belum ada jaminan jika Anda menerapkan cara ini.


  • Hamil saat menyusui


    Dalam masa menyusui, hormon berada dalam konisi stabil sehingga pembuahan dapat terjadi secara maksimal. Hal ini meningkatkan peluang hamil anak kembar.


  • Fertilisasi In vitro


    Program fertilisasi dengan cara in vitro dapat menanamkan embrio kembar pada organ reproduksi wanita dan membuka peluang memiliki anak kembar. Meski begitu, belum ada bukti dari riset untuk langkah ini. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.


  • Implantasi


    Anda juga dapat melakukan implantasi beberapa telur. Hal ini memungkinkan keberhasilan bagi pasangan yang ingin memiliki anak kembar.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."