Tips Merawat Tanaman Hias Janda Bolong yang Sedang Viral

Tanaman hias dari genus monstera yang populer di kalangan penjual dengan nama janda bolong. Tanaman ini sedang ramai diperbincangkan oleh warganet karena harganya melangit hingga mencapai Rp 100 juta. Pixabay

ragam

Tips Merawat Tanaman Hias Janda Bolong yang Sedang Viral

Senin, 12 Oktober 2020 16:06 WIB
Reporter : Mila Novita Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Tanaman hias janda bolong kini sedang viral. Tanaman itu memiliki bentuk yang unik karena berdaun lebar berbentuk hati dan bagian tengah daunnya berlubang teratur.

Tanaman hias janda bolong atau Monstera adansonii ini merupakan tanaman tropis dari Amerika Tengah dan Selatan. Mengutip laman The Spruce, perawatan tanaman hias janda bolong cukup mudah. Perhatikan pencahayaan, air, dan kondisi tanah.

Untuk hama tanaman hias janda bolong hampir sama seperti sebagian besar tanaman hias. Di antaranya kutu daun, kutu putih, thrips, sisik atau tungau laba-laba. Hama ini bisa dibasmi dengan insektisida biasa.

Berikut tips merawat tanaman hias janda bolong:

  • Tanah

    Tanaman hias janda bolong banyak ditanam di dalam pot berukuran besar. Tanaman ini paling baik berkembang di tanah berbasis gambut karena mampu menahan kelembapan di dalam tanah tanpa membuatnya tergenang air. Satu hal yang penting adalah pastikan pot memiliki lubang drainase yang besar.

  • Air

    Tanaman hias janda bolong membutuhkan kondisi tanah yang lembap. Sebab itu, pastikan menyiraminya secara rutin dan jangan biarkan tanahnya sampai kering. Jika ini terjadi, tanaman hias janda bolong akan layu dan lama-kelamaan mati.

    Tanaman hias monstera alias janda bolong dipilih sebagai penghias interior hunian minimalis. Selain karena penampilannya yang unik, perawatan tanaman ini juga tergolong mudah. Shutterstock

  • Suhu ruang

    Tanaman hias janda bolong biasanya ditempatkan di teras, kamar mandi, bahkan dapur. Tanaman ini memang cocok berada di sana karena cocok dengan suhu ruang yang lembap, bahkan cenderung panas. Kuncinya adalah jaga kelembapan pada tanah dalam pot.

  • Pencahayaan

    Di Amerika Tengah dan Selatan, tanaman hias janda bolong biasanya tumbuh di bawah naungan pepohonan. Sebab itu, tanaman ini paling tepat jika tidak langsung terpapar sinar matahari.