Tips Masak Pasta Al Dente ala Chef Gordon Ramsay

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi merebus pasta. Thesouthinmymouth.com

Ilustrasi merebus pasta. Thesouthinmymouth.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berencana memasak pasta di akhir pekan ini? Jika iya, intip tips memasak pasta dengan kematangan yang sempurna, tak keras tapi juga tidak lembek, alias al dente ala koki Gordon Ramsay. Tips itu dibagikan chef atau koki asal Inggris itu dalam seri baru berjudul “Dasar-dasar memasak dengan Gordon Ramsay” di saluran YouTube-nya.

Pertama-tama, masak air ke dalam wajan besar untuk memastikan pasta memiliki cukup ruang untuk dimasak secara merata. Lalu, tambahkan minyak sedikit agar pasta tidak saling menempel. Berikutnya, tambahkan sedikit garam.

Tunggu air sampai mendidih. Jika ingin memasak pasta panjang seperti spageti atau angel hair, masukkan salah satu ujungnya ke dalam wajan terlebih dahulu, biarkan melunak, lalu dipelintir dengan lembut untuk merendam sisanya.

Setel pengatur waktu. Dalam salah satu resep Gordon Ramsay, disebutkan memasak pasta sekitar 11 menit dalam air mendidih. Ketika waktunya habis, tarik satu lembar pasta untuk menguji apakah sudah siap.

Chef Gordon Ramsay. REUTERS/Edgar Su

"Anda akan merasakannya dengan jari-jari Anda, masih bagus dan kokoh. Al dente. Bukan gigitan, bukan gigitan yang kuat, tapi bagian dalam yang benar-benar enak dan kokoh. Jelas tidak renyah,” ucapnya.

Lalu tiriskan pasta sebelum menambahkan sejumput garam, sedikit merica, dan satu sendok makan minyak zaitun, campurkan agar tidak saling menempel. "Ini dia, pasta al dente yang indah. Dimasak dengan sempurna," tuturnya.

Selamat mencoba... 

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."