10 Manfaat Mangga Muda, Jaga Daya Tahan Tubuh hingga Cegah Asam di Perut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mangga muda (Pixabay.com)

Ilustrasi mangga muda (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain lezat disantap sebagai salah satu buah dalam hidangan rujak atau disantap langsung, mangga muda juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan hasil studi seperti dilansir dari laman Boldsky, Sabtu, 5 September 2020, mangga muda mengandung vitamin C setara 35 apel, 18 pisang, sembilan lemon, dan tiga jeruk. Tak hanya itu, mangga muda juga mengandung zat besi dan lebih dari 80 persen kebutuhan magnesium serta kalsium harian.

Berikut manfaat mangga muda yang telah terbukti secara ilmiah

1. Kaya vitamin C

Karena mangga muda kaya akan vitamin C mencegah penyakit akibat kekurangan vitamin C yang menyebabkan gusi berdarah, ruam, memar, kelemahan dan kelelahan. Mangga muda memainkan peran penting dalam menjaga kebersihan gigi dengan mencegah bau mulut dan melawan kerusakan gigi.

2. Tingkatkan imunitas

Vitamin C dan A dalam mangga muda bersama dengan nutrisi penting membantu meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Dengan mengonsumsi mangga muda tanpa dimasak, Anda dapat memanfaatkan khasiat gizi tersebut secara maksimal.

3. Meningkatkan kesehatan hati

Makan mangga muda bermanfaat untuk kesehatan hati Anda karena membantu mengobati penyakit hati. Asam dalam buah mentah meningkatkan sekresi asam empedu dan membersihkan usus dari infeksi bakteri. Sekresi juga membantu meningkatkan penyerapan lemak dengan membersihkan racun dari tubuh.

4. Mencegah asam di perut

Mangga muda kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin A, dan asam amino yang bekerja sama untuk menetralkan asam di perut, sehingga mengurangi refluks asam dan mengurangi keasaman. Cobalah mengunyah sepotong mangga muda agar cepat sembuh.

5. Kelola gangguan darah

Studi menunjukkan bahwa mangga muda membantu mengelola kelainan darah umum seperti anemia, pembekuan darah, hemofilia dan lain-lain. Mangga muda hijau meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan juga membantu produksi sel darah baru.

6. Meringankan gangguan pencernaan

Mangga muda kaya akan pektin yang sangat bermanfaat dalam mengobati gangguan gastrointestina yang juga menjadi obat efektif untuk diare, wasir, gangguan pencernaan, dan sembelit. Mangga muda hijau sangat cocok untuk ibu hamil karena membantu meredakan morning sickness.

7. Bantu menurunkan berat badan

Mangga muda adalah salah satu buah terbaik untuk dimakan saat Anda ingin menghilangkan kalori tersebut. Buah mentah membantu meningkatkan metabolisme sehingga membantu Anda membakar lebih banyak kalori, lebih rendah kalori, dan mengandung lebih sedikit gula.

8. Meningkatkan energi

Para ahli menyatakan bahwa mangga muda harus dikonsumsi setelah makan siang untuk membantu memulihkan rasa kantuk di sore hari karena makan mangga mentah memberi tubuh Anda dorongan energi, yang benar-benar membangunkan Anda.

9. Meningkatkan kesehatan jantung

Mangga muda hijau mengandung niacin, juga dikenal sebagai vitamin B3, yang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Niacin meningkatkan kadar kolesterol darah dan dengan demikian mengurangi risiko penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.

10. Perlindungan dari dehidrasi dan sinar matahari

Mangga muda membantu mengurangi efek panas yang hebat dan mencegah dehidrasi karena bisa menghentikan kehilangan natrium klorida dan zat besi yang berlebihan dari tubuh, menjadikannya buah yang sempurna untuk musim panas. Yang harus Anda lakukan adalah merebus mangga muda dan mencampurnya dengan gula, jintan, dan sedikit garam untuk meredakannya.

Selain itu, minum jus mangga muda mencegah hilangnya natrium klorida dan zat besi secara berlebihan akibat keringat berlebih.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."