Sederet Manfaat Kayu Manis, Minyaknya Bisa Atasi Bau Mulut hingga Anti-Mikroba

Ilustrasi kayumanis. shutterstock.com

kesehatan

Sederet Manfaat Kayu Manis, Minyaknya Bisa Atasi Bau Mulut hingga Anti-Mikroba

Sabtu, 22 Agustus 2020 10:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Manfaat kayu manis tak hanya berhenti sebagai penambah cita rasa dalam makanan atau minuman. Rempah-rempah ini juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh dan mental.

Awalnya terletak di bagian eksotis Asia, khususnya Sri Lanka dan India, kayu manis adalah semak kecil yang indah yang digunakan dalam Ayurveda, pengobatan tradisional sejak 3.000 tahun lampau. Melansir laman Health Benefits Time pada Kamis, 20 Agustus 2020, salah satu manfaat kayu manis ialah dibuat minyak esensial. Biasanya dibuat dari kulit kayu atau daun pohon kayu manis.

Minyak esensial kayu manis mengandung berbagai senyawa yang dianggap dapat mempengaruhi kesehatan. Senyawa ini terdiri dari cinnamaldehyde yang bisa mengurangi peradangan dan berperilaku sebagai anti-mikroba (zat yang menghancurkan atau menekan perkembangan mikroorganisme, termasuk bakteri dan jamur).

Manfaat lain minyak kayu manis adalah sebagai pembersih mulut dan penyegar napas. Minyak kayu manis telah digunakan cukup umum dalam permen karet dan pasta gigi karena salah satu cara terbaik untuk menghilangkan bau mulut dengan cepat.

Aroma kayu manis yang cukup manis juga sering digunakan dalam parfum bersama dengan produk tubuh aromatik lainnya. Mendifusikan minyak juga dipercaya dapat memberikan efek tenang pada suasana hati. Minyak kayu manis dipercaya pula untuk meningkatkan kekuatan memori dan kemampuan fungsi kognitif pikiran. 

Selain itu, minyak esensial kayu manis membantu mengatasi kelelahan mental, kemarahan, ketegangan, kecemasan, depresi bersama dengan perasaan negatif lainnya. Minyak khusus ini mempengaruhi cakra yang menghubungkan api pribadi kita dengan api dunia yang berputar di sekitar kita. Ketakutan akan kritik, penolakan, dan kepercayaan diri yang tidak memadai memengaruhi fungsi chakra ini. 

Dengan memanfaatkan dua tetes minyak kayu manis dalam bak mandi, diffuser atau vaporizer dapat membantu meningkatkan perasaan mandiri seseorang dan mendorong seseorang untuk percaya diri dalam bertindak.

EKA WAHYU PRAMITA