3 Kiat Menata Ruang Sempit di Rumah agar Terlihat Luas, Pilih Cat Warna Cerah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi interior rumah (pixabay.com)

Ilustrasi interior rumah (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada sejumlah kiat menata ruang sempit di rumah agar terlihat menarik dan luas. Selain pemilihan warna cat dinding, Anda juga jeli dalam memilih perabot dan aksesori rumah. Apa saja syaratnya?

Berikut tiga tips menata ruangan sempit di rumah terkesan luas dan berkarakter dari peritel perabot di Swedia, Ikea

1. Cat dinding warna cerah

Salah satu trik untuk menghadirkan kesan agar ruangan terlihat lebih luas, mengecat dinding dengan warna cerah. Hindari cat dinding berwarna gelap yang dapat menyerap cahaya dan membuat ruangan terkesan lebih sempit.

Pilih warna pastel yang dapat menciptakan suasana ceria, atau warna tegas seperti merah dan kuning yang dapat memantulkan cahaya sehingga membuat ruangan terasa lebih luas.

Pastikan perabot yang dipilih cocok untuk melengkapi warna dinding yang cerah. Jangan ragu untuk memilih perabot dengan warna yang berani dan memiliki aksen unik.

Dengan begitu, ruangan kecil tidak akan terasa membosankan bahkan dapat memberikan statement yang unik. Aksesori bantal kursi bulat warna biru muda atau bantal kursi segitiga warna hitam/putih bisa menghidupkan ruang tamu mungil yang Anda miliki.

2. Pilih perabot multifungsi untuk menghemat ruang

Penggunaan perabot dengan desain praktis menjadi kunci untuk membuat ruang sempit terasa lebih luas. Lupakan perabot besar yang memakan banyak ruang, melainkan pilih perabot dengan rangka sederhana dan memiliki punggung terbuka seperti rak.

Selain itu, pilihan perabot dengan fungsi lebih dari satu juga sangat diutamakan. Sarung kursi yang berbentuk hoodie dapat menyegarkan tampilan kursi yang monoton. Kantong tambahan di bagian lengan sarung juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menyimpan remote TV atau ponsel.

3. Gunakan sekat dan hindari penggunaan pintu

Ruangan kecil jika dibatasi pintu akan terasa lebih sempit. Pembagian ruang di tempat dengan luas yang terbatas disarankan untuk menggunakan sekat sebagai ganti pintu.

Perabot bisa menjadi cara tradisional memisahkan fungsi satu ruangan dengan lainnya. Penyekat ruang bisa menjadi pemisah antara dapur dan ruang tamu. Maksimalkan kegunaannya dengan menggantungkan pakaian favorit, yang juga dapat menambah karakter pada ruangan sederhana.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."