Puas Makan Daging Kurban, Imbangi dengan Jus Sayuran dan Salad

Salad sayuran. Unsplash.com/Anna Pelzer

kuliner

Puas Makan Daging Kurban, Imbangi dengan Jus Sayuran dan Salad

Sabtu, 1 Agustus 2020 21:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Perayaan Idul Adha identik dengan hidangan dari daging kurban seperti daging kambing, domba atau sapi. Aneka daging itu pun biasanya diolah menjadi sate, sop, gulai hingga tongseng. Namun waspadai pula efek samping mengonsumsi daging merah itu secara berlebihan.

Jika berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan, seperti naiknya kadar kolesterol dan tekanan darah. Sedangkan untuk mengimbangi efek negatif dari daging sapi atau domba, Anda disarankan menyiapkan menu pendamping dari sayuran dan buah untuk mencukupi kebutuhan serat. 

Nah, dua resep berbahan sayuran ala Chef Yuda Bustara dari Urban Chef berikut ini bisa dicoba di rumah

1. Green Healthy Juice

Sayuran bisa menjadi hidangan pelengkap saat mengonsumsi daging. Agar lebih segar dan nikmat, Anda bisa menyajikannya dalam sajian jus sehat.

Bahan:- 500 gram bayam segar- 1 genggam daun peterseli segar- 1 gram granny smith apple- 1/2 lemon- Es batu secukupnya- Air secukupnya

Cara Membuat:

1. Cuci daun bayam dan peterseli hingga bersih2. Cincang apel3. Kupas kulit lemon4. Tambahkan es batu dan air5. Masukkan semua bahan ke dalam blender dan jus hingga tercampur6. Sajikan segera

2. Vegetable Salad

Salad sayuran juga bisa jadi pilihan menu sehat. Namun Chef Yuda menyarankan untuk mengganti saus atau dressing salad dari mayoinsae dengan balsamic dan minyak zaitun. "Jadi jangan pernah takut kolesterol sebab dressing ini bisa dikonsumsi dengan daun salad apa saja sesuai selera Anda," kata Chef Yuda dan menambahkan "Kalau masih ada sisa dressing-nya bisa dimasukkan ke botol dan disimpan 2 minggu di kulkas. Kalau mau buat salad tinggal di-shake dan disiram."

Bahan:- 1 sendok makan balsamic vinegar- 3 sendok makan olive oil- Sayurannya bisa dipilih sesuai dengan selera (misal selada air atau kol ungu)

Cara membuat:1. Aduk minyak dengan citrus sesuai pilihan, pastikan benar-benar tercampur lalu masukkan garam dan merica sesuai selera2. Campur salad dengan dressing sesuai selera

EKA WAHYU PRAMITA