Resep Daging Kambing Istimewa untuk Idul Adha, Lamb Kofta

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Daging kambing. Pixabay.com

Daging kambing. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari Raya Idul Adha identik dengan menyantap olahan daging kurban, seperti kambing, sapi atau domba. Namun tidak semua orang menyukai daging kambing karena teksturnya cukup keras dan aromanya yang khas.

Menurut Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group dan President of Association of Culinary Professionals Chef Stefu Santoso daging kambing mempunyai aroma yang khusus karena berasal dari pakan atau makanan yang mereka konsumsi sebelumnya. 

"Baunya yang khas memang cukup kuat, kalau mau mengurangi bau tersebut harus dimasak dengan banyak rempah dan kalau bisa memilih daging atau kambing yang usianya masih sangat muda," ucapnya dalam Kuliah Whatsapp Tematik Daging Idul Kurban, Jumat 25 Juli 2020.

Chef Stefu mengatakan masakan untuk daging kambing yang disimpan banyak jenisnya, misalnya untuk wet cooking, seperti gulai, sop, tongseng, dan tengkleng. "Tapi saya tidak merekomendasikan daging kambing untuk dimasak sate," ungkapnya. 

Hal ini karena daging kurban yang terlalu fresh karena baru dipotong tidak bisa langsung dikonsumsi, perlu waktu untuk proses pelayuan. Jika Anda mengolahnya dengan metode wet cooking akan membuat daging menjadi lebih empuk. "Cara yang terbaik adalah dimasak dengan cara stewed atau wet cooking atau masak yang dalam jangka waktu tertentu dengan menggunakan rempah-rempah," ungkapnya. "Penambahan daun ketumbar bisa membantu menetralisir aroma khas daging kambing atau biasa disebut prengus."

Salah satu resep olahan daging kambing ala Chef Stefu yang bisa Anda jadikan pilihan saat Idul Adha adalah Lamb Kofta. Berikut ini bahan dan cara membuat resep Lamb Kofta. 

Resep Lamb Kofta

Bahan:

- 200 gr daging kambing (digiling)
- 20 gram bawang bombay cincang
- 10 gram daun ketumbar
- 5 gram bawang putih cincang
- 8 gram jinten bubuk
- Lada hitam (kasar) secukupnya
- Garam secukupnya

Cara membuat:

1. Siapkan daging, bawang bombay, bawang putih cincang, jinten bubuk, lalu aduk menjadi satu.
2. Tambahkan ada hitam, daun ketumbar, dan garam secukupnya. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata dan koreksi rasa.
3. Bentuk bulat sesuai ukuran yang diinginkan, bisa juga bentuk oval dikasih tusuk sate. (Seperti membuat perkedel (
4. Grill diatas pan dengan panas sedang hingga matang, kecoklatan, dan juicy.

EKA WAHYU PRAMITA 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."